Sumbar  

Emak-emak Kuasai 60 Persen Pasar UMKM di Sumbar, Potret Keberhasilan Pariwisata Halal?

UMKM
Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno

Padang – Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno, mengungkapkan bahwa sekitar 60 persen dari pasar Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Sumatera Barat (Sumbar) dikuasai oleh kaum perempuan, yang seringkali disebut sebagai “emak-emak”. Pernyataan ini disampaikan dalam acara World Islamic Entrepreneur Summit (WIES) 2023 yang berlangsung di Kota Padang, Sumbar pada tanggal 8 September 2023.

“Dalam Sumbar, sekitar 60 persen UMKM dipimpin oleh perempuan,” ujar Sandiaga Uno dalam kesempatan tersebut.

Ia juga mencatat bahwa Sumbar telah meraih berbagai penghargaan bergengsi di bidang pariwisata, termasuk sebagai “World’s Best Halal Tour Operator,” “World’s Best Halal Destination,” dan “World’s Best Halal Culinary Destination.”

Baca Juga  Inisiatif BRI dan Sampoerna untuk Mendorong UMKM ke Arah Pertumbuhan Ekonomi Inklusif

“Kuliner asli Sumbar memang sangat lezat,” tambahnya.

Dalam konteks visi kedaulatan, ketahanan, dan semangat gotong royong yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, terdapat empat topik utama yang menjadi fokus, yaitu bisnis, kepemudaan, pariwisata, dan peran emak-emak.

“Kami berharap ekosistem halal dapat terus diperkuat di Sumbar,” ungkap Sandiaga Uno.

Sementara itu, Gubernur Sumbar, Mahyeldi, menegaskan bahwa WIES 2023 menjadi momentum penting bagi Sumbar untuk menjadi salah satu destinasi wisata halal terkemuka di dunia. Melalui WIES, diharapkan terbentuk kerja sama yang erat antara Sumbar dan belasan negara serta delegasi yang hadir, terutama dalam pengembangan sektor pariwisata dan industri halal.

Baca Juga  Antisipasi Lonjakan Harga dan Kelangkaan Jagung di Sumbar, Gubernur Mahyeldi Minta Dukungan Bapanas

“Untuk mewujudkan visi Sumbar sebagai salah satu destinasi unggulan di bidang wisata halal dan industri halal, komitmen jangka panjang dari semua peserta WIES sangatlah krusial,” tandasnya.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *