Sport  

Irak, Yordania, dan Indonesia Berpotensi Lolos ke Piala Dunia 2026 dari Zona Asia

Timnas Indonesia, 1 dari 3 negara yang bisa mengejutkan di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.
Timnas Indonesia, 1 dari 3 negara yang bisa mengejutkan di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Fajarharapan.id – Sebanyak 18 negara akan berkompetisi di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Negara-negara ini akan dibagi menjadi tiga grup, masing-masing berisi enam tim. Setelah setiap tim memainkan 10 pertandingan (lima kandang dan lima tandang), dua tim teratas dari setiap grup (total enam negara) akan otomatis lolos ke Piala Dunia 2026.

Sementara itu, tim-tim yang finis di posisi ketiga dan keempat di setiap grup akan melanjutkan perjalanan mereka di babak keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Berdasarkan prediksi, enam slot dari babak ketiga kemungkinan besar akan diisi oleh Jepang, Iran, Arab Saudi, Qatar, Australia, dan Korea Selatan.

Namun, ada tiga negara yang diperkirakan dapat membuat kejutan di babak ini. Bukan tidak mungkin, salah satu atau bahkan ketiga negara ini bisa langsung mengamankan tiket ke Piala Dunia 2026 melalui babak ketiga.

Berikut tiga negara yang berpotensi mengejutkan di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia:

1. Irak

Irak secara mengejutkan ditempatkan di pot 2 dalam drawing babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Hal ini memberikan peluang besar bagi Irak untuk mengamankan satu tempat di Piala Dunia 2026. Kesuksesan mereka sebagai juara Grup F di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, ditambah kemampuan Irak mengalahkan Jepang di fase grup Piala Asia 2023, menunjukkan potensi Irak untuk mengulang kesuksesan mereka seperti pada edisi 1986.

Baca Juga  Hyundai, Pelopor Mobil Listrik di Indonesia, Menanti Pasar yang Berkembang

2. Yordania

Penampilan impresif Yordania di Piala Asia 2023 berlanjut hingga kini. Di Piala Asia 2023, Yordania berhasil mengalahkan tim-tim kuat seperti Irak (perempat final) dan Korea Selatan (semifinal). Pada babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Yordania finis sebagai juara grup, mengungguli Arab Saudi. Di pertandingan terakhir Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Yordania menang 2-1 melawan Arab Saudi di kandang lawan.

3. Timnas Indonesia

Meskipun banyak yang meragukan, Timnas Indonesia memiliki potensi untuk membuat kejutan. Jika PSSI berhasil merekrut sejumlah pemain diaspora tambahan, peluang skuad Garuda untuk finis di dua besar babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia bukanlah hal yang mustahil. Beberapa pemain diaspora yang bisa dipertimbangkan PSSI untuk memperkuat Timnas Indonesia adalah Jayden Oosterwolde (Fenerbahce), Kevin Diks (FC Copenhagen), Mees Hilgers (FC Twente), Jairo Riedewald (Crystal Palace), Million Manhoef (Stoke City), dan Ole Romeny (FC Utrecht).

Baca Juga  Australia U-16 Juara Grup C Piala AFF U-16 2024, Siap Hadapi Indonesia di Semifinal

Dalam formasi 3-4-3 yang diterapkan oleh Shin Tae-yong, posisi kiper bisa diisi oleh Maarten Paes. Tiga bek sejajar adalah Mees Hilgers, Jay Idzes, dan Jayden Oostwerolde. Kevin Diks sebagai wing back kanan dan Calvin Verdonk di sisi sebelahnya. Dua gelandang tengah adalah Thom Haye dan Jairo Riedewald. Lini depan diisi oleh Million Manhoef, Ragnar Oratmangoen, dan Ole Romeny.

Berikut prediksi line up yang bisa membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Dunia 2026:

(3-4-3): Maarten Paes; Mees Hilgers, Jay Idzes, Jayden Oosterwolde; Kevin Diks, Thom Haye, Jairo Riedewald, Calvin Verdonk; Million Manhoef, Ragnar Oratmangoen, Ole Romeny.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *