Sport  

PSSI: Jika Tidak Serius, Timnas Indonesia Akan Lanjut Tanpa Elkan Baggott

Elkan Baggott
Elkan Baggott

Jakarta – Ketua Umum PSSI Erick Thohir angkat bicara mengenai kabar absennya Elkan Baggott dari panggilan Timnas Indonesia U-23 saat melawan Guinea dalam playoff Olimpiade Paris 2024 pada 9 Mei lalu.

Erick menegaskan pentingnya keseriusan semua pemain saat dipanggil untuk membela Timnas Indonesia, termasuk Baggott. Namun, jika ada yang tidak bersedia bergabung, Erick menyatakan Timnas Indonesia akan tetap melangkah untuk meraih prestasi.

“Kami tidak akan memaksa, tapi Timnas Indonesia akan tetap berjalan maju tanpa kehadiran siapapun, termasuk yang 11 ini. Jika tidak ingin bermain, kami akan mencari pemain lain yang bersedia mengenakan seragam Merah-Putih,” tegas Erick pada Minggu (2/6).

Erick juga menyatakan bahwa PSSI akan mencari pemain lain jika ada yang tidak ingin membela Timnas Indonesia.

“Saya selalu menyatakan bahwa kita harus memiliki dua belas pemain senior, sehingga kita memiliki keberagaman. Seperti yang kita lihat hari ini, saat pemain diganti, performa tim tidak menurun. Saya rasa itu sama. Saat ini ada Justin [Hubner], Jay [Idzes], [Rizky] Ridho, [Muhammad] Ferarri, Jordi [Amat], bahkan Nathan [Tjoe-A-On] dan Sandy Walsh yang memiliki kualitas,” ungkap Erick.

Baca Juga  UEFA EURO 2024 Segera Dimulai, Saksikan Pertandingan di RCTI, MNCTV, dan Vision+

“Oleh karena itu, persaingan pemain sangatlah penting. Saya harapkan semua pemain harus serius, bukan hanya Elkan. Semua pemain yang hanya setengah-setengah dalam membela tim nasional. Mungkin, dia memiliki preferensi atau memilih untuk tidak berpartisipasi,” tambah Erick.

Saat ini, Baggott tidak dipanggil oleh pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong untuk laga uji coba melawan Tanzania dan dua pertandingan di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Tim Garuda akan menghadapi Irak (6 Juni) dan Filipina (11 Juni) di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

Baca Juga  Kemenangan atas Vietnam Tidak Bikin Puas, Kata Jay Idzes pada Timnas Indonesia

Saat memimpin sesi latihan perdana Timnas Indonesia menjelang pertandingan melawan Tanzania, Shin Tae Yong tidak memberikan penjelasan terperinci mengenai absennya Baggott.

“Masalah Elkan, mungkin Anda bisa langsung tanyakan kepadanya. Dia yang lebih mengetahui,” ujar Shin saat sesi latihan Timnas Indonesia, Selasa (28/5) sore.

Baggott sendiri telah menghapus nama PSSI dari bio Instagramnya, yang menimbulkan spekulasi lebih lanjut mengenai hubungannya dengan PSSI.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *