Sport  

Vietnam Bersiap Hadapi Indonesia di Grup B Piala AFF 2024

Timnas Indonesia dan Vietnam segrup di Piala AFF 2024.
Timnas Indonesia dan Vietnam segrup di Piala AFF 2024.

HANOI – Pelatih baru Timnas Vietnam, Kim Sang-sik, memiliki ambisi besar di Piala AFF 2024. Ia bertekad membalas kekalahan dari skuad Garuda – julukan Timnas Indonesia – saat bertemu di ajang tersebut.

Vietnam akan bertemu dengan Indonesia dalam fase grup Piala AFF 2024. Tergabung di Grup B, kedua tim juga akan bersaing melawan Filipina, Myanmar, dan Laos.

Secara teori, Tim Merah-Putih menjadi lawan terberat bagi The Golden Star Warriors – julukan Timnas Vietnam. Mereka juga menghadapi rekor buruk melawan tim asuhan Shin Tae-yong, dengan tiga kekalahan berturut-turut dalam tiga pertemuan terakhir.

Saat masih dibimbing oleh pelatih Philippe Troussier, Vietnam kalah 0-1 dari Indonesia di fase grup Piala Asia 2023. Kemudian, mereka mengalami dua kekalahan berturut-turut dari Witan Sulaeman dan kawan-kawan dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, dengan skor 0-1 di Jakarta dan 0-3 di Hanoi.

Baca Juga  Gol Rizky Ridho Pastikan Kemenangan Indonesia atas Filipina

Rangkaian hasil buruk ini menyebabkan Troussier dipecat. Kini, Kim Sang-sik, yang ditunjuk sejak awal Mei 2024, bertekad membalas kekalahan dari Indonesia di Piala AFF 2024.

“Jika saya mempersiapkan diri dengan baik mulai sekarang, saya yakin kami bisa bermain baik melawan Indonesia,” ujar Kim Sang-sik, dikutip dari VN Express, Senin (27/5/2024).

“Kami akan menebus kekalahan sebelumnya dan berusaha yang terbaik untuk menang,” tambahnya.

Sejak penunjukannya, pelatih asal Korea Selatan ini aktif menyaksikan pertandingan Liga Vietnam. Ia ingin menemukan pemain-pemain terbaik untuk membentuk skuad yang solid.

“Saya akan melakukan banyak riset untuk merancang rencana pelatihan bagi para pemain. Saya ingin mereka menjadi tim yang kompak dan tampil baik sehingga layak mendapat pujian dari para penggemar,” jelas pelatih berusia 47 tahun tersebut.

Baca Juga  Optimisme Tom Saintfiet, Timnas Filipina Siap Tantang Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Piala AFF 2024 akan digelar dari 23 November hingga 21 Desember. Sebelum itu, Vietnam akan menjalani pertandingan lanjutan Grup F putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia melawan Filipina dan Irak pada 6 dan 12 Juni, yang akan menjadi dua laga awal Kim Sang-sik sebagai pelatih.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *