Sport  

Dukungan PSSI Tetap pada Shin Tae-yong Meski Gagal ke Olimpiade Paris 2024

PSSI masih percaya kepada Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia.
PSSI masih percaya kepada Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia

Jakarta – Meskipun Timnas Indonesia U-23 tidak berhasil melaju ke Olimpiade Paris 2024, PSSI tetap memberikan dukungan penuh kepada Shin Tae-yong. Hal ini diungkapkan oleh Anggota Komite Eksekutif PSSI (Exco PSSI) Arya Sinulingga.

Timnas Indonesia U-23 mengalami kekalahan 0-1 dari Timnas Guinea U-23 dalam babak playoff Olimpiade Paris 2024. Pertandingan berlangsung di Stade Pierre Pibarot, Clairefontaine-en-Yvelines, Prancis pada Kamis, 9 Mei 2024 malam WIB.

Satu-satunya gol untuk Guinea U-23 dicetak oleh Ilaix Moriba (29′ (P)) melalui tendangan penalti. Hasil ini menandai kegagalan Timnas Indonesia U-23 untuk melangkah ke Olimpiade.

Meskipun demikian, upaya yang telah dilakukan oleh tim asuhan Shin Tae-yong mendapat penghargaan tinggi dari berbagai pihak, termasuk PSSI. Arya menyatakan bahwa pencapaian Timnas Indonesia U-23 mulai dari Piala Asia U-23 2024 hingga babak playoff Olimpiade menunjukkan peningkatan kepercayaan kepada pelatih.

Baca Juga  PSSI Akan Panggil Pelatih Timnas Indonesia U-17 dan Senior untuk Evaluasi

“Iya, kami masih mempercayai STY. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, Shin Tae-yong telah kami sepakati untuk tetap bersama sampai tahun 2027,” ungkap Arya kepada media di Jakarta pada Jumat, 10 Mei 2024.

“Pak Erick (Thohir), kontraknya juga berlangsung hingga 2027, dan kami telah memiliki beberapa poin kesepakatan untuk masa depan,” tambahnya.

Arya juga menekankan bahwa peningkatan kepercayaan ini harus diikuti dengan peningkatan target. Menurutnya, Shin juga harus bekerja keras untuk membimbing Timnas Indonesia dalam agenda-agenda selanjutnya.

“Tentu ada target yang harus dicapai. Setelah mencapai level sekarang, apa target selanjutnya? Kapan kita bisa masuk 100 besar? Atau mungkin 70 besar? Itu semua perlu dipertimbangkan. Inilah tahapan yang akan kita lewati,” jelas Arya.

“Misalnya, jika kita bisa masuk ke 100 besar dan mengalahkan tim seperti Filipina dan Irak, itu sudah menjadi pencapaian yang tinggi. Dan jika kita berhasil masuk ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia, nilainya akan semakin tinggi,” tambahnya.

Baca Juga  Shin Tae-yong Minta Fokus, Timnas Indonesia Siap Perbaiki Kesalahan Lawan Filipina

Perlu dicatat bahwa agenda terdekat Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia adalah putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Timnas Indonesia akan bertemu dengan Timnas Irak dan Timnas Filipina dalam dua pertandingan terakhir di Grup F pada Juni 2024.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *