Sport  

Solidaritas di Lapangan, Marc Klok Berdiri Bersama Marselino Ferdinan

Pemain Persib Bandung, Marc Klok.
Pemain Persib Bandung, Marc Klok.

BANDUNG Marc Klok, pemain Persib Bandung, mengajak para penggemar sepakbola Indonesia untuk menghentikan cemoohan terhadap Marselino Ferdinan, anggota Timnas Indonesia U-23. Marc Klok, yang juga bermain untuk KMSK Deinze, menyampaikan dukungannya kepada Marselino yang menjadi sasaran bully di media sosial setelah penampilannya di Piala Asia U-23 2024.

Marc Klok, yang mengenakan nomor punggung 23 di Persib dan Timnas Indonesia, telah berkomunikasi langsung dengan Marselino. Ia menyatakan keprihatinannya melihat rekan setimnya itu mendapat cemoohan di dunia maya.

Banyak yang menilai Marselino Ferdinan bermain egois dalam pertandingan yang membuat Timnas Indonesia U-23 kalah 1-2 dari Irak U-23 dalam perebutan tempat ketiga di Piala Asia U-23 2024. Akibatnya, Timnas Indonesia harus mengikuti playoff untuk dapat berkompetisi di Olimpiade Paris 2024.

“Menurut saya, dia tidak melakukan kesalahan besar. Mungkin saja keputusannya saat itu tidak terlalu tepat,” ungkap Marc Klok di Stadion Sidolig, Bandung, pada Senin (6/5/2024).

Baca Juga  Marc Klok Mencuri Perhatian dengan Komentar Kontroversial Terkait Nomor Punggung 10 di Persija Jakarta

Marc Klok menjelaskan bahwa dalam dunia sepakbola, kesalahan seperti yang dilakukan Marselino Ferdinan merupakan hal yang wajar. Namun, Marc memastikan bahwa pemain yang berlaga di Divisi Dua Liga Belgia itu telah berusaha memberikan yang terbaik bagi Indonesia.

“Saya sudah berbicara dengannya, dan kami yakin hal ini akan menjadi pembelajaran. Yang penting adalah bagaimana cara kita merespons dan menghadapi kritik tersebut,” tambah Marc.

“Menurut saya, jika kita memiliki pemain berbakat di Indonesia, kita seharusnya memberikan mereka motivasi daripada mengecam mereka. Kita harus mendorong mereka agar menjadi lebih baik. Namun, jika kita tidak tampil baik, kita selalu mencari kambing hitam,” ujarnya.

Marc Klok menegaskan bahwa hal tersebut tidak boleh dibiarkan terus menerus. Sebaliknya, semangat dan motivasi harus diberikan, terutama saat menghadapi masa-masa sulit dalam karier sepakbola.

“Bagi Marselino, terutama dalam situasi seperti ini, dia harus menghadapinya. Dia adalah pria yang kuat, dan dia mengatakan kepada saya bahwa mereka tidak terlalu memperhatikan cemoohan tersebut. Namun, tentu saja itu tidak ideal,” tegasnya.

Baca Juga  Kontroversi Gol, Marselino Ferdinan Protes Keras pada Kekalahan Timnas Indonesia vs Irak

Meskipun demikian, Marc Klok yakin bahwa Timnas Indonesia U-23 memiliki peluang untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024 dengan mengalahkan Guinea U-23 dalam playoff. Meski tantangannya besar, gelandang asal Belanda itu tetap optimis bahwa Garuda Muda bisa meraih kemenangan.

“Kami berdoa agar mereka bisa lolos ke Olimpiade. Ini akan menjadi prestasi yang luar biasa untuk Indonesia. Meskipun sulit, saya percaya kita bisa melakukannya,” pungkas Marc Klok.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *