Sport  

Waktu Terbatas, Timnas Indonesia Segera Hadapi Vietnam

Timnas Indonesia
Jay Idzes sudah bergabung dalam TC Timnas Indonesia jelang menghadapi Vietnam.

Jakarta – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY), menghadapi tantangan besar dengan hanya memiliki waktu tiga hari untuk mempersiapkan timnya sebelum menghadapi Vietnam. Meskipun demikian, STY berusaha memaksimalkan persiapan tim Garuda untuk pertandingan melawan Vietnam dalam dua laga lanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Timnas Indonesia memulai pemusatan latihan di Stadion Madya pada Senin (18/3/2024) malam sebagai persiapan menghadapi laga pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Kamis (21/3/2024), diikuti dengan kunjungan ke Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, markas Timnas Vietnam, pada Selasa (26/3/2024).

Namun, pada sesi latihan pertama, hanya 22 dari 26 pemain yang dipanggil yang hadir. Keempat pemain yang belum bergabung, termasuk Nathan Tjoe-A-On, Sandy Walsh, Thom Haye, dan Ragnar Oratmangoen, masih dalam proses naturalisasi.

STY menyatakan bahwa fokus pada sesi latihan pertama adalah pemulihan kondisi pemain yang baru saja bergabung dengan tim. Meskipun waktu persiapan terbatas, STY bertekad untuk memaksimalkan persiapan timnya.

Baca Juga  Tekanan Mental Vietnam Setelah Kekalahan dari Timnas Indonesia

“TC baru dimulai dan hari pertama ini hanya tentang pemulihan kondisi. Kita memiliki dua hari tersisa untuk melawan Vietnam, dan kita akan mempersiapkan tim dengan sebaik mungkin untuk meraih kemenangan,” ungkap STY pada Senin (18/3/2024).

Dia menjelaskan bahwa memulihkan kondisi pemain sangat penting pada sesi latihan pertama mengingat perjalanan jauh yang mereka tempuh. Dia berencana untuk memperkenalkan taktik tim pada hari kedua latihan.

“Kita fokus pada pemulihan hari ini. Besok dan lusa, kita akan mulai mempersiapkan taktik,” tambahnya.

Minimnya waktu persiapan menjadi ujian berat bagi STY dan timnya, terutama karena pentingnya meraih kemenangan dalam dua laga melawan Vietnam untuk mempertahankan harapan lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Saat ini, Timnas Indonesia berada di dasar klasemen Grup F dengan hanya satu poin setelah dua pertandingan tandang melawan Irak (kalah 1-5) dan Filipina (imbang 1-1).

Baca Juga  Aldila Sutjiadi Pecahkan Ekspektasi, Tembus Babak 16 Besar Australia Open 2024

Vietnam saat ini menduduki peringkat kedua dengan tiga poin setelah memenangkan pertandingan melawan Filipina (2-0) dan kalah dari Irak (0-1). Irak memimpin klasemen dengan enam poin, sementara Filipina berada di peringkat ketiga dengan satu poin. Hanya dua tim teratas yang akan lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, serta otomatis lolos ke Piala Asia 2027. (des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *