Sport  

Kisah Kelam Pesepakbola Indonesia, Dikecewakan Klub-Klub Top Dunia

Evan Dimas, 1 dari 5 pesepakbola Indonesia yang dikecewakan klub top dunia.
Evan Dimas, 1 dari 5 pesepakbola Indonesia yang dikecewakan klub top dunia.

Fajarharapan.id – Akan diulas lima pesepakbola Indonesia yang pernah merasakan kekecewaan dari klub-klub ternama di dunia. Meskipun prestasi sepakbola Indonesia belum mencapai tingkat internasional, beberapa pemain dari Tanah Air telah direkrut oleh klub-klub dari berbagai negara.

Namun, ada yang mengikuti uji coba dengan harapan mendapatkan kontrak, namun tidak berhasil. Siapa saja mereka?

Berikut ini adalah lima pesepakbola Indonesia yang pernah mengalami kekecewaan dari klub-klub top dunia:

  1. Osvaldo Haay

Pada awal tahun 2019, Osvaldo Haay melakukan uji coba bersama klub Liga 2 Spanyol, Numancia. Banyak yang berharap ia akan mendapatkan kontrak dari Numancia untuk meningkatkan keterampilan dan pengalamannya dalam bertanding.

Namun, setelah 10 hari menjalani latihan di Numancia, Osvaldo Haay tidak berhasil mendapatkan kontrak profesional. Akhirnya, ia kembali ke Persebaya Surabaya sebelum kemudian bergabung dengan Persija Jakarta pada tahun 2020.

Baca Juga  Xavi Hernandez Tidak Menyesal Tinggalkan Barcelona Meski Performa Membaik
  1. Gavin Kwan Adsit

Gavin Kwan Adsit saat ini bermain untuk Persis Solo. Pada tahun 2014, ia melakukan uji coba dengan salah satu klub besar Liga Jepang, FC Tokyo.

Namun, setelah seminggu melakukan uji coba, Gavin Kwan Adsit belum berhasil meyakinkan FC Tokyo. Ia kemudian dipanggil untuk uji coba dengan klub Jepang lainnya, Jubilo Iwata, namun karena sedang sakit saat itu, ia tidak dapat mengikuti seleksi.

  1. Andik Vermansah

Andik Vermansah melakukan uji coba dengan klub Liga 1 Jepang, Ventrofet Kofu, pada tahun 2013. Meskipun ada minat dari Ventrofet Kofu untuk mengontraknya yang sempat disebut-sebut masuk dalam radar Benfica.

Namun, Andik tidak berhasil bergabung dengan Ventrofet Kofu. Setelah dilakukan negosiasi, kedua belah pihak tidak mencapai kesepakatan nilai kontrak sehingga Andik batal bergabung.

Baca Juga  Perjalanan Karier Andrea Pirlo: Hampir Menjadi Bagian dari Los Galacticos Real Madrid
  1. Ryuji Utomo

Ryuji Utomo, mantan bek Timnas Indonesia di berbagai tingkatan, melakukan uji coba dengan klub asal Jepang, Jubilo Iwata.

Meskipun belum memiliki pengalaman bermain di klub profesional, ia nekat melakukan uji coba. Namun, sayangnya ia tidak berhasil mendapatkan kontrak dari Jubilo Iwata.

  1. Evan Dimas

Evan Dimas, salah satu gelandang terbaik Indonesia, mendapat kesempatan melakukan uji coba dengan beberapa klub asal Spanyol pada tahun 2015-2016.

Salah satunya adalah UE Llagostera di Liga 2 Spanyol. Namun, Evan Dimas tidak berhasil mendapatkan kontrak dari klub tersebut. Kemudian, pada Februari 2016, ia melakukan uji coba selama empat bulan dengan Espanyol B, namun sering mengalami cedera sehingga tidak dapat menunjukkan kemampuannya dengan baik.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *