Sport  

Cyrus Margono Hampir Kembali ke Timnas Indonesia, Kisah Proses Pemulihan Kewarganegaraan

Maarten Paes bakal disaingin Cyrus Margono di posisi penjaga gawang Timnas Indonesia.
Maarten Paes bakal disaingin Cyrus Margono di posisi penjaga gawang Timnas Indonesia.

Fajarharapan.id – Bukan Maarten Paes, tetapi kiper keturunan Cyrus Margono telah siap untuk bermain dalam pertandingan Timnas Indonesia melawan Timnas Vietnam dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada tanggal 21 dan 26 Maret 2024. Menurut Cyrus Margono, dia hanya tinggal selangkah lagi untuk mendapatkan paspor Indonesia, sesuatu yang pernah dimilikinya sebelumnya.

Menurut staf ahli Kementerian Pemuda dan Olahraga, Hamdan Hamedan, Cyrus Margono tidak harus menjalani proses naturalisasi seperti Jordi Amat dan yang lainnya. Berdasarkan peraturan pemerintah nomor 2 tahun 2007, Cyrus Margono dapat memperoleh kembali kewarganegaraan Indonesia yang sebelumnya dimilikinya.

Peraturan tersebut mengatur mengenai tata cara kehilangan, pembatalan, dan memperoleh kembali kewarganegaraan Republik Indonesia. Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia Pasal 6, seorang anak yang memiliki kewarganegaraan ganda setelah mencapai usia 18 tahun atau menikah, dapat memilih salah satu kewarganegaraan.

Baca Juga  Mazzarri Tegas, Napoli Dominan, Roma Tak Berdaya Selama 90 Menit

Dikarenakan Cyrus Margono adalah anak yang lahir dari orangtua dengan kewarganegaraan ganda (Amerika Serikat dan Indonesia), maka dia dapat memilih salah satu negara. Singkatnya, setelah melewati proses yang panjang sejak tahun lalu, Cyrus Margono sekarang hampir mendapatkan kembali paspor Indonesia.

Di akun Instagram-nya, @cmargono, Cyrus Margono telah menyatakan antusiasmenya untuk memperkuat Timnas Indonesia. Bahkan, dia sudah menyiapkan sepasang sepatu yang bertuliskan inisial namanya, CM93, serta bendera Indonesia.

“Saya tidak sabar untuk mengenakan sepatu bola ini (yang bertuliskan inisial nama saya, CM93, ditambah dengan bendera Indonesia). Dan saya sangat senang untuk mengumumkan bahwa proses saya hampir selesai. Sudah beberapa minggu sejak dokumen saya sampai di Setneg, dan kita sudah sangat dekat (dengan bendera Indonesia),” ungkap Cyrus Margono di akun Instagram-nya, @cmargono.

“Terima kasih banyak kepada Pak Hamdan Hamedan atas dukungannya setiap hari. Saya sangat menantikan saat saya bisa menerima identitas Indonesia saya lagi, insya Allah,” tambahnya.

Baca Juga  Riyadh Season Cup 2024: Ronaldo dan Messi Bersaing di Lapangan Kingdom Arena

Jika Cyrus Margono berhasil mendapatkan paspor Indonesia awal bulan ini, kiper dari Panathinaikos B ini berpotensi untuk membela Timnas Indonesia melawan Vietnam. Dengan tinggi badannya yang mencapai 190 sentimeter, kehadiran Cyrus Margono akan menjadi tambahan yang sangat dibutuhkan bagi Timnas Indonesia.

Musim ini, Cyrus Margono telah tampil delapan kali bersama Panathinaikos B di Liga 2 Yunani 2023-2024. Dari delapan penampilannya tersebut, gawangnya telah kebobolan sebanyak 12 kali.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *