Sport  

Kesulitan di Panggung Internasional, 7 Pelatih Top yang Gagal di Tim Nasional

Steve McClaren termasuk pelatih yang moncer di klub tapi gagal di tim nasional.
Steve McClaren termasuk pelatih yang moncer di klub tapi gagal di tim nasional

Fajarharapan.id – Berikut adalah tujuh pelatih terkemuka dunia yang berhasil gemilang di level klub namun gagal saat mengelola tim nasional. Fenomena ini menunjukkan bahwa sepakbola memiliki tantangan tersendiri.

  1. Kevin Keegan

Kevin Keegan, legenda dari Newcastle United, mengantarkan timnya meraih gelar juara Divisi Championship pada 1992-1993 serta menjadi runner-up Liga Inggris pada 1995-1996 dan 1996-1997. Namun, ketika memimpin Timnas Inggris, Keegan tidak mampu mengulangi kesuksesan tersebut.

  1. Leonid Slutsky

Leonid Slutsky, yang dianggap legenda di CSKA Moscow, meraih berbagai prestasi dengan klub tersebut, termasuk gelar juara liga. Namun, upayanya untuk membawa prestasi yang sama dengan Timnas Rusia tidak membuahkan hasil.

  1. Javier Clemente

Javier Clemente, yang terkenal di Athletic Bilbao dengan membawa klub tersebut menjadi juara liga pada 1982-1983 dan 1983-1984, gagal menorehkan prestasi yang sama ketika menangani Timnas Spanyol pada tahun 1992. Clemente dipecat setelah Piala Eropa 2000.

Baca Juga  Antusiasme Tinggi, Target 130 Ribu Tiket untuk MotoGP Mandalika 2024
  1. Giovanni Trapattoni

Giovanni Trapattoni meraih sukses di berbagai klub seperti AC Milan, Inter Milan, dan Bayern Munich. Namun, ketika menjadi pelatih Timnas Italia antara 2000 dan 2004, Trapattoni tidak berhasil membawa tim tersebut meraih kesuksesan, sehingga dipecat setelah kegagalan di Piala Eropa 2004.

  1. Fabio Capello

Fabio Capello, yang memiliki catatan sukses di klub, gagal menorehkan prestasi yang sama ketika menangani Timnas Inggris antara 2008 dan 2012. Capello hanya membawa Inggris lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2010 sebelum mundur setelah Piala Eropa 2012.

  1. Hansi Flick

Meskipun Hansi Flick berhasil meraih enam gelar bersama Bayern Munich antara 2020 dan 2021, dia gagal membawa kesuksesan yang sama ketika menangani Timnas Jerman setelah Piala Eropa 2020. Jerman bahkan gagal lolos dari fase grup Piala Dunia 2022 di bawah arahannya.

Baca Juga  Persikopa Runner-Up Piala Soeratin U-17 Tingkat Nasional ; Pemain M Rizal Dipanggil Tim Nasional
  1. Steve McClaren

Steve McClaren, meskipun tidak memiliki banyak trofi di level klub, cukup dihormati. Namun, ketika menangani Timnas Inggris, ia dipecat setahun setelah menjabat karena tim gagal lolos ke Piala Eropa 2008. Kini, ia menjadi asisten pelatih di Manchester United.

Inilah tujuh pelatih terkemuka dunia yang mengalami kesuksesan di level klub namun gagal saat mengelola tim nasional. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *