Sport  

Jelajahi Lima Negara Berprestasi yang Belum Mendapat Pengakuan FIFA

Lima negara kuat di dunia ini tidak diakui FIFA.
Lima negara kuat di dunia ini tidak diakui FIFA

Fajarharapan.id – Berikut adalah lima negara kuat dunia yang tidak pernah diakui oleh FIFA. Bahkan, salah satunya pernah membuat Argentina menelan pil pahit.

FIFA, sebagai badan sepakbola tertinggi di dunia, memiliki 211 anggota asosiasi. Namun, menjadi anggota organisasi ini bukanlah jaminan bagi sebuah negara.

Oleh karena itu, ada beberapa negara kuat di dunia yang tidak pernah diakui oleh FIFA. Siapa saja mereka? Mari kita simak penjelasannya.

5 Negara Kuat Dunia yang Tidak Pernah Diakui FIFA

  1. Nice

Nice merupakan sebuah negara yang terletak di wilayah Prancis. Mereka memiliki tim nasional yang bernama Timnas Nice. Saat ini, mereka tergabung dalam CONIFA, federasi bagi kelompok negara yang tidak diakui oleh komunitas internasional atau FIFA.

Menariknya, Timnas Nice pernah menjadi juara Piala Dunia CONIFA pada tahun 2014 setelah berhasil mengalahkan Ellan Vannin dalam babak adu penalti. Namun, hingga kini, negara kuat dunia ini belum mendapatkan pengakuan dari FIFA.

  1. Basque

Basque merupakan sebuah wilayah yang berupaya untuk meraih kemerdekaan dari Spanyol. Meski usaha referendum pada tahun 2008 tidak berhasil, mereka terus berjuang untuk merdeka.

Baca Juga  Thomas Frank; Bahagia di Brentford, Tak Bersedia Bergabung dengan Liverpool

Mereka memiliki Timnas Basque yang terdiri dari pemain-pemain yang berasal dari klub Liga Spanyol, Athletic Bilbao, seperti Iker Munian dan Inaki Williams. Meskipun tidak diakui oleh FIFA, Basque sering mengadakan pertandingan uji coba dengan negara-negara lain.

  1. Abkhazia

Abkhazia adalah sebuah negara yang terletak di pantai timur laut Laut Hitam, berbatasan dengan Georgia. Setelah merdeka pada tahun 1990, mereka baru membentuk federasi sepakbola pada tahun 2007.

Walau belum diakui oleh FIFA, Timnas Abkhazia sudah mengikuti berbagai pertandingan internasional. Mereka bahkan menjadi juara Piala Dunia CONIFA pada tahun 2016 setelah menang dalam adu penalti melawan Panjab.

  1. Padania

Selanjutnya adalah Padania, sebuah wilayah di Italia Utara. Meskipun belum merdeka secara resmi, Padania memiliki tim nasional sendiri, meskipun tidak diakui oleh FIFA dan UEFA.

Padania telah diakui oleh NF Board, sebuah organisasi sepakbola internasional yang menaungi tim nasional yang tidak diakui oleh FIFA. Mereka bahkan pernah menjadi juara CONIFA pada tahun 2008, 2009, dan 2010.

Baca Juga  Indonesia Kalahkan Bahrain 3-2 dalam Uji Coba Internasional
  1. Catalunya

Selain Basque, Spanyol juga memiliki wilayah otonom Catalunya. Catalunya juga memiliki tim nasional sendiri! Mayoritas pemainnya berasal dari klub-klub seperti Barcelona, Espanyol, dan Girona.

Timnas Catalunya telah ada sejak tahun 1912. Salah satu momen bersejarahnya adalah saat mereka mengalahkan Timnas Argentina dengan skor 4-2 pada tahun 2009.

Itulah lima negara kuat dunia yang tidak pernah mendapatkan pengakuan dari FIFA. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *