Sport  

Perjalanan Karier Shin Tae-yong, Dari Timnas Indonesia ke Korea Selatan?

Shin Tae-yong masih memendam hasrat melatih Timnas Korea Selatan.
Shin Tae-yong masih memendam hasrat melatih Timnas Korea Selatan

Fajarharapan.id – Shin Tae-yong menyatakan bahwa ia masih bermimpi untuk menjadi pelatih Timnas Korea Selatan. Namun, apakah ini berarti ia akan meninggalkan posisinya sebagai pelatih Timnas Indonesia?

Federasi Sepakbola Korea Selatan (KFA) baru saja mencopot Jurgen Klinsmann dari jabatannya. Klinsmann, yang berasal dari Jerman, dianggap gagal dalam meningkatkan prestasi The Taegeuk Warriors setelah mereka tersingkir di semifinal Piala Asia 2023.

Meskipun Timnas Korea Selatan memiliki skuad yang berpotensi di turnamen tersebut, termasuk pemain-pemain yang bermain di Eropa seperti kapten Son Heung-min, bek Kim Min-jae, dan bakat muda Lee Kang-in.

Dengan kekosongan jabatan pelatih Timnas Korea Selatan, KFA kini sedang mencari penggantinya. Namun, belum ada nama yang mencuat sebagai kandidat yang kuat untuk menggantikan Klinsmann.

Baca Juga  Marco Bezzecchi Beri Respon Positif terhadap Kedatangan Marc Marquez

Dalam situasi tersebut, Shin kembali menyatakan keinginannya untuk melatih Timnas Korea Selatan. Dalam wawancara dengan media lokal, pria berusia 53 tahun itu menyatakan bahwa menjadi pelatih tim nasional Korea Selatan adalah rencana terakhirnya. Ia ingin membentuk tim dan menjadi pesaing di Piala Dunia.

Namun, apakah ini berarti Shin akan meninggalkan posisinya sebagai pelatih Timnas Indonesia? Kemungkinan untuk itu sebenarnya cukup terbuka.

Meskipun demikian, Yonhap, media nasional Korea Selatan, telah menyebut nama Hong Myung-bo sebagai kandidat terkuat. Jika belum ditunjuk secara permanen, Hong akan menangani Timnas Korea Selatan setidaknya dalam dua pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada Maret 2024.

Saat ini, Shin masih memiliki kontrak dengan PSSI hingga Juni 2024. Jika ingin memutus kontrak di tengah jalan dan kembali ke Korea Selatan, ia akan terkena denda.

Baca Juga  Shin Tae-yong Siapkan Strategi untuk Lolos ke-16 Besar Piala Asia 2023

Kita akan melihat siapa yang akan menjadi pelatih Timnas Korea Selatan berikutnya. Namun, diharapkan bahwa Shin akan mematuhi kontraknya dengan PSSI sebelum memikirkan masa depannya lebih lanjut.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *