Sport  

Kunci Sukses Timnas Indonesia, Menaklukkan Vietnam untuk Panggung Dunia

Timnas Indonesia naik 7 peringkat di ranking FIFA Maret 2024 jika dua kali menang atas Vietnam bulan depan.
Timnas Indonesia naik 7 peringkat di ranking FIFA Maret 2024 jika dua kali menang atas Vietnam bulan depan.

Timnas Indonesia – Timnas Indonesia bersiap melompat secara signifikan dalam peringkat FIFA pada bulan Maret 2024 asalkan berhasil menaklukkan Vietnam dua kali dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Pertemuan tersebut dijadwalkan untuk matchday ketiga dan keempat Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Pertandingan ketiga akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Kamis, 21 Maret 2024 pukul 20.30 WIB, sedangkan pertandingan keempat akan dilaksanakan di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, pada Selasa 26 Maret 2024 pukul 19.00 WIB.

Timnas Indonesia membutuhkan kemenangan melawan Vietnam karena hanya hasil positif yang dapat membuka peluang bagi skuad asuhan Shin Tae-yong untuk melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Hingga saat ini, setelah melalui dua pertandingan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Timnas Indonesia baru mengumpulkan satu poin dan terdampar di posisi buncit klasemen. Mereka tertinggal lima poin dari Irak yang memuncaki klasemen, dan terpaut dua poin dari Vietnam di posisi kedua.

Baca Juga  Stadion Gelora Bung Karno Siap Dipadati, Tiket Pertandingan Timnas Indonesia vs Vietnam Ludes Terjual

Hanya dua tim teratas dari grup yang akan melangkah ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Peluang Timnas Indonesia untuk mengalahkan Vietnam sangat terbuka.

Dengan kehadiran pemain-pemain yang pernah berlaga di Piala Asia 2023 serta penambahan Jay Idzes (Venezia) dan Nathan Tjoe (SC Heerenveen), Timnas Indonesia semakin kuat. Untuk Nathan Tjoe, dia hanya perlu mengambil sumpah WNI dan proses perpindahan federasi untuk bergabung dengan Timnas Indonesia.

Kemenangan atas Vietnam tidak hanya akan meningkatkan peluang lolos ke babak ketiga, tetapi juga akan meningkatkan peringkat FIFA Timnas Indonesia. Berdasarkan perhitungan football-ranking.com, satu kemenangan atas Vietnam bernilai 15,42 poin.

Jika Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam dua kali, mereka akan mendapatkan tambahan 30,84 poin dalam peringkat FIFA! Ini akan menggeser Timnas Indonesia tujuh posisi dari peringkat 142 ke 135 dunia!

Baca Juga  Kolombia Singkirkan Spanyol 1-0 dalam Pertandingan Persahabatan di London

Sejumlah negara yang akan tergeser oleh Timnas Indonesia termasuk Turkmenistan (peringkat 141 dunia), Burundi (140), Filipina (139), Lithuania (138), Kuwait (137), Latvia (136), dan Kepulauan Faroe (135).

Timnas Indonesia bisa merangkak lebih tinggi lagi jika tim-tim di atas peringkat 135 dunia meraih hasil buruk pada Maret 2024, seperti Nicaragua (peringkat 134 dunia), Rwanda (133), dan Malaysia (132).(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *