Sport  

Siapa Pelatih Asing Pengganti Shin Tae-yong di Timnas Indonesia?

Shin Tae-yong kala menangani Timnas Indonesia.
Shin Tae-yong kala menangani Timnas Indonesia.

Fajarharapan.id – Beberapa pelatih berpengalaman dari luar negeri yang dapat menggantikan posisi Shin Tae-yong sebagai pelatih tim nasional Indonesia akan dibahas dalam artikel ini. Salah satunya adalah pelatih yang memiliki potensi untuk membuat kejutan besar di Piala Asia 2023.

Masa depan Shin Tae-yong sebagai pelatih tim nasional Indonesia tengah menjadi sorotan. Kontraknya belum diperpanjang oleh PSSI, meskipun dia telah mencapai target membawa tim nasional Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Shin Tae-yong masih memiliki satu tugas penting lainnya untuk mendapatkan perpanjangan kontrak. Pelatih asal Korea Selatan itu harus membawa tim nasional Indonesia U-23 lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2024.

Jika kontrak Shin Tae-yong tidak diperpanjang, siapa yang akan menggantikannya? Berikut adalah lima pelatih asing berpengalaman yang dapat menggantikan Shin Tae-yong di tim nasional Indonesia.

  1. Bojan Hodak

Salah satu pelatih asing berpengalaman yang dapat menggantikan Shin Tae-yong di tim nasional Indonesia adalah Bojan Hodak. Saat ini, dia adalah pelatih untuk salah satu klub papan atas Indonesia, yaitu Persib Bandung.

Bojan Hodak memiliki pengalaman yang cukup luas sebagai pelatih. Sebelumnya, dia telah melatih klub Malaysia, Kuala Lumpur City, dan berhasil meraih gelar juara Piala Malaysia 2021. Selain itu, pelatih asal Kroasia ini juga pernah melatih PSM Makassar, Johor Darul Takzim, dan tim nasional Malaysia U-19.

Baca Juga  Ujian Berat Menanti Timnas Indonesia dan Thailand Jelang Piala Asia, Makan Bola Tertawa
  1. Bernardo Tavares

Selanjutnya, ada Bernardo Tavares. Sama seperti Bojan Hodak, pelatih asal Portugal ini juga sedang melatih di Indonesia, yaitu PSM Makassar.

Di bawah arahan Bernardo Tavares, PSM bahkan berhasil meraih gelar juara Liga 1 2022-2023. Sebelum menangani PSM, Bernardo Tavares telah memiliki banyak pengalaman dalam melatih tim. Oleh karena itu, dia layak dipertimbangkan.

  1. Thomas Doll

Di posisi ketiga, terdapat Thomas Doll. Pelatih ini juga memiliki banyak pengalaman dalam melatih klub. Doll bahkan pernah melatih klub top Jerman, Borussia Dortmund.

Saat ini, Thomas Doll adalah pelatih Persija Jakarta. Musim lalu, di bawah kepemimpinannya, Persija berhasil menjadi runner-up di Liga 1. Dengan pengalamannya yang luas, Thomas Doll dapat menjadi pilihan sebagai pengganti Shin Tae-yong jika kontraknya tidak diperpanjang untuk melatih tim nasional Indonesia.

  1. Luis Milla

Kemudian, ada Luis Milla. Pelatih asal Spanyol ini telah memiliki pengalaman dalam melatih tim nasional Indonesia. Sebelumnya, Milla pernah menjadi pelatih tim nasional Indonesia dari tahun 2017 hingga 2018.

Selain tim nasional Indonesia senior, Luis Milla juga pernah melatih tim nasional Indonesia U-23. Saat ini, dia sedang menganggur setelah meninggalkan kursi pelatih Persib Bandung pada tahun 2023.

Baca Juga  Jurgen Klopp; Liverpool Wajib Tahan Atalanta Tanpa Gol
  1. Petar Segrt

Terakhir, ada Petar Segrt. Pelatih ini tengah menjadi sorotan di Piala Asia 2023. Pasalnya, dia telah berhasil membawa tim nasional Tajikistan menciptakan kejutan besar di Piala Asia 2023.

Saat ini, Tajikistan masih melaju di Piala Asia 2023 dan berhasil mencapai babak perempat final. Kualifikasi ke babak perempat final diperoleh Tajikistan setelah mengalahkan Uni Emirat Arab melalui adu penalti dengan skor 1-1 (5-3).

Tidak dapat dipungkiri, Petar Segrt bisa menjadi pertimbangan untuk menggantikan Shin Tae-yong. Terlebih lagi, Petar Segrt pernah memiliki pengalaman dengan sepak bola Indonesia saat dia menjadi pelatih PSM Makassar dari tahun 2011 hingga 2013.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *