Sport  

Prestasi Kilau Timnas Indonesia, 4 Rekor Terukir di Piala Asia 2023

Ernando Ari kala membela Timnas Indonesia.
Ernando Ari kala membela Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia – Prestasi luar biasa Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 akan dibahas dalam artikel ini, termasuk catatan rekor yang berhasil diukir oleh beberapa pemain, di antaranya Ernando Ari.

Timnas Indonesia telah memberikan penampilan yang mengesankan selama berlaga di fase Grup D Piala Asia 2023. Dari dua pertandingan yang sudah dimainkan, skuad Garuda berhasil meraih 3 poin.

Meskipun mengalami kekalahan 1-3 dari Irak pada laga pertama Grup D, Timnas Indonesia bangkit dengan kemenangan telak 1-0 atas Vietnam pada matchday kedua, yang digelar pada Jumat, 19 Januari 2024, melalui gol yang dicetak oleh Asnawi Mangkualam.

Saat ini, Timnas Indonesia berusaha mempertahankan peluang lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 dan berhasil mencatatkan sejumlah rekor. Berikut adalah 4 rekor yang dicetak Timnas Indonesia, seperti dilansir dari akun Instagram @timnas.indonesia.

  1. Pencetak Gol Termuda

Salah satu rekor yang berhasil diukir dalam Piala Asia 2023 adalah pencetak gol termuda dalam skuad Timnas Indonesia. Marselino Ferdinan menjadi pencetak gol termuda setelah mencetak satu gol melawan Irak pada 15 Januari 2024. Gol tersebut tercipta setelah memanfaatkan umpan apik dari Yakob Sayuri.

Baca Juga  Halus FC Jakarta Menang Telak 5-2 atas Sadakata United di Liga Futsal Profesional 2023-2024

Meski gol tersebut tidak membawa kemenangan, Marselino meraih rekor sebagai pencetak gol termuda Indonesia di Piala Asia 2023, menggantikan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Ponaryo Astaman pada Piala Asia 2004, saat usianya 25 tahun.

  1. Gol Penalti

Rekor selanjutnya yang berhasil diukir Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 adalah terkait gol penalti. Asnawi Mangkualam mencetak rekor ini setelah berhasil mengonversi penalti dalam laga melawan Vietnam, yang diberikan setelah Rafael Struick dilanggar di kotak penalti.

“Gol Asnawi Mangkualam merupakan gol penalti pertama Indonesia di Piala Asia,” demikian tulis akun Instagram @timnas.indonesia.

  1. Kemenangan Clean Sheet

Di posisi kedua, terdapat rekor kemenangan clean sheet yang dicatat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Prestasi ini tercapai dalam pertandingan melawan Timnas Vietnam dengan skor 1-0, yang juga mengakibatkan eliminasi Vietnam dari turnamen.

“Ini adalah kemenangan clean sheet pertama dalam sejarah Indonesia di Piala Asia,” jelas akun Instagram @timnas.indonesia.

Baca Juga  Erick Thohir, Nasib Kontrak Shin Tae-yong sebagai Pelatih Timnas Indonesia Dibahas
  1. Player of The Match

Rekor terakhir adalah gelar Player of The Match yang berhasil diukir oleh Ernando Ari. Ernando meraih penghargaan tersebut setelah tampil brilian dalam pertandingan Timnas Indonesia vs Vietnam.

Ernando, yang berhasil melakukan sejumlah penyelamatan penting, mampu menjaga gawang Timnas Indonesia agar tidak kebobolan gol oleh Vietnam. Gelar Player of The Match ini membuat Ernando menyamai rekor Hendro Kartiko pada tahun 2000.

“Ernando Ari menjadi kiper kedua Indonesia yang meraih gelar Player of The Match setelah Hendro Kartiko pada tahun 2000 (vs Kuwait) dan 2004 (vs Qatar),” tulis akun Instagram @timnas.indonesia.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *