Sport  

Eksklusif, Timnas Indonesia Satu-satunya Wakil Asia Tenggara ke Babak 16 Besar Piala Asia 2023

Timnas Indonesia, satu-satunya negara Asia Tenggara yang lolos 16 besar Piala Asia 2023.
Timnas Indonesia, satu-satunya negara Asia Tenggara yang lolos 16 besar Piala Asia 2023.

Timnas IndonesiaTimnas Indonesia menjadi satu-satunya wakil dari Asia Tenggara yang berhasil melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Dari empat negara Asia Tenggara yang turut ambil bagian, yakni Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan Thailand, Vietnam dan Malaysia harus mengakhiri perjalanan mereka di fase grup.

Vietnam tersingkir setelah mengalami kekalahan pada dua pertandingan awal Grup D, yakni kalah 2-4 dari Jepang dan kalah 0-1 dari Timnas Indonesia. Malaysia juga menemui nasib serupa di Grup E dengan kekalahan 0-4 dari Yordania dan 0-1 dari Bahrain.

Sementara itu, Thailand meraih kemenangan dalam pertandingan pertama Grup F dengan mengalahkan Kirgistan 2-0. Meskipun demikian, Thailand menghadapi kendala di dua pertandingan berikutnya melawan tim kuat seperti Oman dan Arab Saudi.

Baca Juga  Cristiano Ronaldo Puncaki Daftar Top Skor 2023 dengan 54 Gol, Prestasi Luar Biasa Sejauh Ini

Timnas Indonesia, di sisi lain, mengalami kekalahan 1-3 dari Irak dan meraih kemenangan 1-0 atas Vietnam. Pada laga terakhir fase grup Grup D pada Rabu, 24 Januari 2024 malam WIB, Timnas Indonesia akan menghadapi Jepang.

Meskipun Jepang belum menunjukkan performa yang memukau setelah kebobolan dua gol dari Vietnam dan kalah 1-2 dari Irak, Timnas Indonesia tetap memiliki peluang untuk melaju ke babak 16 besar. Hasil imbang dengan Jepang kemungkinan besar akan membawa Timnas Indonesia lolos melalui jalur peringkat tiga terbaik.

Meski demikian, jika Timnas Indonesia kalah, masih ada peluang melalui jalur peringkat tiga terbaik. Hanya dengan kemenangan atas Jepang, Timnas Indonesia dapat langsung melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2023 sebagai runner-up Grup D.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *