Sport  

Shin Tae-yong Bangga dengan Semangat Timnas Indonesia yang Menang Atas Vietnam

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

DOHA Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong, memberikan apresiasi terhadap perjuangan timnya yang berhasil mengalahkan Vietnam 1-0 pada matchday kedua Grup D Piala Asia 2023, pada Jumat, 19 Januari 2024 malam WIB. Shin Tae-yong merasa gembira melihat Garuda, meski minim pengalaman, tetap bermain dengan tekad tinggi meskipun dihadapi perlawanan sengit dari Golden Star Warriors, julukan Timnas Vietnam.

Timnas Indonesia adalah tim muda yang masih minim pengalaman bermain. Inilah alasan mengapa penampilan mereka berbeda di dua babak,” ujar Shin Tae-yong seperti dilansir dari The Thao 247, Sabtu (20/1/2024).

“Ikut mengakui bahwa Vietnam mengubah taktik di babak kedua dan tampil lebih baik. Meski pemain-pemain saya belum begitu berpengalaman, mereka sangat bersemangat, berkeinginan untuk menang, dan berusaha mempertahankan skor dengan segala cara,” tambah pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Timnas Vietnam dengan skor 1-0 pada matchday kedua Grup D Piala Asia 2023 yang berlangsung di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar. Gol tunggal dicetak melalui tendangan penalti oleh sang kapten, Asnawi Mangkualam, pada menit ke-42. Sementara itu, Vietnam harus bermain dengan 10 pemain setelah Le Pham Thanh Long mendapat kartu merah pada menit ke-90+1.

Baca Juga  Pengamat Vietnam, Timnas Vietnam Selevel dengan Timnas Indonesia

Perlu diketahui, Timnas Indonesia memiliki skuad termuda di Piala Asia 2023. Meski demikian, Ivar Jenner dan rekan-rekannya berhasil menunjukkan kualitasnya di lapangan saat menghadapi Vietnam pada pertandingan malam sebelumnya.

Shin Tae-yong hampir kehilangan kendali emosional saat memimpin Timnas Indonesia di pinggir lapangan, tetapi ia tetap memberikan apresiasi kepada timnya yang tampil lebih baik daripada saat mengalami kekalahan 1-3 dari Irak dalam laga pertama.

“Meskipun sebagai seorang pelatih, ada hal-hal yang tidak dapat saya kendalikan di lapangan, saya hanya bisa mengandalkan para pemain. Hari ini mereka tampil lebih baik dan lebih kuat dibandingkan dengan pertandingan sebelumnya,” tambah Shin Tae-yong.

Baca Juga  Timnas Indonesia Unggul 1-0 atas Timnas Turkmenistan dalam Laga FIFA Matchday

Selanjutnya, Timnas Indonesia akan bersaing untuk merebut satu tiket tersisa melawan Jepang pada 24 Januari 2024 untuk menjadi perwakilan Grup D bersama Irak di babak 16 besar Piala Asia 2023. Selain juara grup dan runner-up grup, tim peringkat ketiga terbaik juga akan melangkah ke babak selanjutnya.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *