Sport  

Jejak Langkah Tujuh Pemain FC Utrecht yang Meriahkan Skuad Timnas Indonesia

Maarten Paes merupakan satu dari tujuh pemain FC Utrecht yang memutuskan bela Timnas Indonesia.
Maarten Paes merupakan satu dari tujuh pemain FC Utrecht yang memutuskan bela Timnas Indonesia

Jakarta – Keputusan tujuh pemain yang berasal dari klub FC Utrecht untuk membela Timnas Indonesia menjadi sorotan. Ternyata, sejumlah pemain yang pernah membela klub Belanda tersebut kini menjadi bagian dari skuad Garuda!

FC Utrecht merupakan salah satu klub di kasta tertinggi Liga Belanda, Eredivisie. Meski tidak sepopuler Ajax Amsterdam dalam melahirkan bintang-bintang sepakbola, FC Utrecht ternyata memiliki jebolan-jebolan berkualitas.

Berikut ini adalah 7 Pemain Jebolan FC Utrecht yang Memutuskan Membela Timnas Indonesia:

Irfan Bachdim
Pemain pertama yang masuk dalam daftar ini adalah Irfan Bachdim, yang pernah membela FC Utrecht pada periode 2003-2007. Pesepakbola yang kini bermain untuk Persik Kediri ini memilih membela Timnas Indonesia pada tahun 2010 dan melakukan debutnya di Piala AFF pada tahun tersebut.

Bachdim sendiri bukanlah pemain naturalisasi, melainkan memilih menjadi warga negara Indonesia (WNI), serupa dengan Elkan Baggott.

Stefano Lilipaly
Setelah Bachdim, nama Stefano Jantje Lilipaly muncul. Pemain berdarah Maluku ini dinaturalisasi pada periode dualisme kepengurusan PSSI dan liga antara 2011-2013. Lilipaly kemudian melakukan debut bersama Timnas Indonesia pada tahun 2013 setelah berkostum FC Utrecht dari tahun 2001 hingga 2010.

Marc Klok
Meskipun tidak pernah membuat debut bersama FC Utrecht, Marc Klok pernah menjadi bagian dari klub tersebut pada tahun 2010-2013. Pemain Persib Bandung ini kemudian mendapatkan status WNI setelah tinggal selama lima tahun berturut-turut di Indonesia pada periode 2017-2022.

Baca Juga  Jelang Manchester City vs Tottenham Hotspur, Julian Alvarez Puji Erling Haaland Setinggi Langit

Shayne Pattynama
Sebelum pindah ke Viking FK, Shayne ternyata merupakan produk dari pembinaan FC Utrecht pada tahun 2010-2017. Sayangnya, dia tidak pernah dapat menembus skuad utama.

Pada tahun 2019, Shayne memutuskan untuk pindah ke Telstar dan kemudian bermain di Viking FK. Pemain berdarah Maluku ini baru dinaturalisasi menjadi WNI pada tahun 2022 dan secara resmi membela Timnas Indonesia pada Juni 2023.

Ivar Jenner
Pemain ini adalah satu-satunya yang masih aktif membela FC Utrecht, meskipun Ivar terdaftar sebagai penggawa Jong Utrecht atau tim muda.

Ivar bergabung dengan akademi klub pada tahun 2016 dan sempat bermain di Eredivisie. Ivar kemudian dinaturalisasi dan menjadi WNI pada tahun 2023.

Bagus Kahfi
Kepindahan Bagus ke FC Utrecht sempat mengundang kontroversi dan drama. Bagus mengalami kekecewaan karena Barito Putera menahannya dengan alasan masih terikat kontrak yang sah.

Akhirnya, Barito merelakan Bagus pindah ke Belanda pada tahun 2021. Namun, karirnya di sana berlangsung singkat dan jarang mendapat kesempatan bermain meski membela tim muda.

Baca Juga  Analisis Paralel, Perbandingan Perjalanan Timnas Indonesia U-23 dengan Argentina di Piala Dunia

Maarten Paes
Pemain terbaru yang akan memperkuat Timnas Indonesia adalah kiper FC Dallas, Maarten Paes. Pemain asal Belanda ini pernah membela FC Utrecht pada tahun 2018. Sayangnya, pemain bertinggi 192 cm tersebut tidak pernah mendapatkan kesempatan debut di tim senior hingga tahun 2022.

Paes kemudian memutuskan untuk pindah ke FC Dallas pada tahun 2022 dan menjadi pilihan utama di klub Liga Amerika Serikat (AS). Saat ini, Maarten Paes dikonfirmasi akan menjalani proses naturalisasi menjadi WNI untuk membela Timnas Indonesia.

Demikianlah tujuh pemain jebolan FC Utrecht yang memutuskan membela Timnas Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *