Sport  

Periskop 2024, Fokus Timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia dan Piala AFF

Menanti Kejutan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan Piala AFF 2024.
Menanti Kejutan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan Piala AFF 2024.

Jakarta Periskop 2024 akan membahas dua agenda utama yang akan dihadapi Tim Nasional (Timnas) Indonesia pada tahun 2024. Dua agenda tersebut melibatkan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dan Piala AFF 2024.

Meskipun Timnas Indonesia akan berpartisipasi dalam Piala Asia 2023 yang berlangsung di Qatar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024, artikel ini akan lebih fokus pada dua agenda yang berjarak beberapa bulan ke depan. Diharapkan persiapan skuad Garuda dapat menjadi lebih optimal dengan jarak waktu yang masih cukup.

Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia
Babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia akan melibatkan Timnas Indonesia pada Maret 2024 mendatang. Sebelumnya, performa Timnas dalam dua pertandingan awal di Grup F mengecewakan, dengan kekalahan 1-5 dari Irak dan hasil imbang 1-1 melawan Filipina. Hingga saat ini, Timnas Indonesia menempati posisi terbawah klasemen Grup F dengan satu poin.

Meski demikian, Timnas Indonesia masih memiliki empat pertandingan tersisa, dua di antaranya melawan Vietnam, dan satu pertandingan melawan Irak dan Filipina di kandang sendiri. Meskipun tantangan berat, peluang Timnas Indonesia untuk lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia masih terbuka.

Baca Juga  Pengamat Vietnam, Timnas Vietnam Selevel dengan Timnas Indonesia

Upaya ekstra diperlukan untuk memastikan kemenangan, terutama dalam pertandingan melawan Vietnam dan Filipina di kandang. Jika skenario ini terwujud, Timnas Indonesia berpotensi finis di posisi dua teratas dalam Grup F.

Kabar baiknya, Timnas Indonesia akan semakin diperkuat dengan kehadiran pemain baru seperti Jay Idzes, yang baru saja menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), serta pemain lain seperti Thom Haye dan Nathan Tjoe-A-On yang sedang dalam proses naturalisasi. Pergerakan PSSI dalam menaturalisasi pemain berdarah Indonesia diharapkan dapat memperkuat kembali skuad Garuda.

Piala AFF 2024
Sementara itu, tanggal pasti pelaksanaan Piala AFF 2024 belum ditentukan, namun turnamen ini biasanya diadakan pada akhir tahun. Dengan kekuatan Timnas Indonesia yang terus bertambah, peluang Shin Tae-yong untuk meraih gelar juara pada Piala AFF 2024 semakin besar.

Baca Juga  Jadwal Penting, Timnas Indonesia vs Vietnam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026

Meskipun demikian, Thailand dan Vietnam tetap menjadi tim yang diunggulkan. Oleh karena itu, Timnas Indonesia perlu membuktikan kemampuannya untuk bersaing dalam perebutan gelar Piala AFF 2024.

Berikut adalah jadwal Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dan Piala AFF 2024:

Babak Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia:

21 Maret 2024: Timnas Indonesia vs Timnas Vietnam
26 Maret 2024: Vietnam vs Timnas Indonesia
6 Juni 2024: Timnas Indonesia vs Timnas Irak
11 Juni 2024: Timnas Indonesia vs Timnas Filipina
Piala AFF 2024:

(Biasanya digelar akhir tahun).(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *