Sport  

Sinar Mas Perkuat Komitmennya di 2023, Inovasi, Kontribusi, dan Dukungan untuk UMKM

Sinar Mas lewati 2023 dengan semangat kolaborasi.
Sinar Mas lewati 2023 dengan semangat kolaborasi.

Jakarta – Memandang ke tahun 2023 yang baru saja berlalu, Sinar Mas bersama entitas usahanya menegaskan komitmennya untuk terus berinovasi dan memberikan kontribusi dalam pemberdayaan UMKM, terlibat dalam pengembangan energi baru dan terbarukan, serta berpartisipasi dalam mitigasi perubahan iklim, bersama dengan sejumlah inisiatif lainnya.

Pada awal 2023, melalui perayaan Imlek Nasional yang bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di Lapangan Banteng Jakarta Pusat (29/1/23), Sinar Mas melibatkan sekitar 700 pelaku UMKM dan 50.000 warga yang diundang untuk menikmati hidangan gratis.

Franky Oesman Widjaja, Anggota Dewan Sinar Mas yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia Acara Imlek Nasional 2023, berharap partisipasi UMKM dalam perayaan Imlek Nasional dapat menjadi jendela untuk memperkenalkan berbagai kuliner khas Nusantara serta menunjukkan dukungan untuk UMKM.

Menyambut bulan Ramadan pada Februari, Sinar Mas menggelar bazar minyak goreng di berbagai kota yang melibatkan sejumlah entitas usahanya. Sepanjang 2023, total minyak goreng kemasan dengan harga khusus yang sudah didistribusikan mencapai lebih dari 135.000 liter.

Hampir bersamaan, lebih dari 65.000 mushaf Alquran disumbangkan kepada pemerintah, lembaga pendidikan, dan organisasi masyarakat.

Bergerak ke ranah digital, Sinar Mas mengadakan kegiatan Sinar Mas Digital Day 2023 di ICE BSD City Tangerang Selatan (9/7/2023). Acara ini menjadi platform untuk memamerkan inovasi dan model bisnis kolaboratif terbaru, termasuk upaya mempercepat integrasi pelaku UMKM ke dalam ekosistem digital.

Baca Juga  FIFA Menangguhkan Sementara Yanis Issoufou, Timnas Prancis U-17 Terancam Diskualifikasi"

“Event ini sebagai platform untuk menampilkan inovasi dan model bisnis kolaboratif terbaru dari entitas usaha maupun perusahaan portofolio kami. Dengan digitalisasi ini, kita bisa lebih inklusif kepada UMKM seiring dengan program UMKM naik kelas,” ungkap Franky Oesman Widjaja.

Sinar Mas juga terlibat dalam transisi menuju energi hijau dengan membangun pabrik manufaktur sel surya dan modul surya terintegrasi pertama di Indonesia, bekerja sama dengan PT Daya Sukses Makmur Selaras, entitas anak tidak langsung dari PT Dian Swastatika Sentosa Tbk dan PT Agra Surya Energi bersama Trina Solar, di Kendal, Jawa Tengah, pada Agustus 2023.

Dalam upaya mengurangi dampak krisis iklim, Sinar Mas bersama Presiden RI melakukan penanaman ratusan pohon di kawasan Jabodetabek pada Hari Penanaman Pohon Sedunia di akhir November.

APP Group juga terlibat dalam pengembangan Mangrove Center di Desa Limbangan, Jawa Tengah (30/8/23), dan melalui PT OKI Pulp & Paper Mills, bersama TNI, Pemda Ogan Komering Ilir, masyarakat sekitar, dan mitra pemasoknya PT Bumi Andalas Permai, berhasil menambah penanaman hingga 10.000 batang mangrove di lahan seluas 10 hektare.

Baca Juga  Mendukung Pertumbuhan Ekonomi, Solusi untuk Mendorong Akses Pendanaan UMKM

Tidak ketinggalan, Sinar Mas Land juga meluncurkan program Hutan Mangrove untuk Restorasi Ekologi & Oksigen Nusantara (Horizon) di Kawasan Nuvasa Bay, Kota Batam, Kepulauan Riau, yang aktif dalam penanaman bibit mangrove, workshop restorasi, dan konservasi kawasan hutan bakau, serta kegiatan ekowisata di kawasan tersebut.

Seiring dengan peringatan usianya yang ke-85 tahun, berbagai inisiatif tersebut mencerminkan Sinar Mas menerjemahkan filosofi hidup pendirinya, Eka Tjipta Widjaja, yang kini dikenal sebagai Nilai Luhur Sinar Mas, yaitu Integritas, Sikap Positif, Komitmen, Penyempurnaan Berkelanjutan, Inovatif, dan Loyal.

“Untuk dapat bertumbuh bersama, semangat kolaborasi, dan saling mendukung adalah salah satu jalannya. Nilai Luhur Sinar Mas adalah navigator kami untuk terus berkelanjutan,” ungkap Franky saat puncak perayaan HUT Sinar Mas ke-85 di Sinar Mas Land Plaza, Jakarta, Selasa (3/10/2023).(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *