Sport  

Thomas Doll Kagum pada Wasit Jepang: Kunci Wibawa dan Komunikasi Efektif di Liga 1 2023-2024

Wasit asal Jepang, Futoshi Nakamura memimpin pertandingan antara Persib Bandung vs Persik Kediri.
Wasit asal Jepang, Futoshi Nakamura memimpin pertandingan antara Persib Bandung vs Persik Kediri

Jakarta Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll, menyatakan kagum terhadap seorang wasit asal Jepang yang ditunjuk untuk memimpin salah satu pertandingan Liga 1 2023-2024. Menurutnya, wasit Jepang tersebut memancarkan aura keberwibawaan yang membuat pemain menghormatinya di lapangan.

Doll menilai bahwa faktor komunikasi menjadi kunci utama. Wasit Jepang terlihat aktif berkomunikasi dengan para pemain, sehingga menciptakan kedekatan yang khusus antara mereka.

“Alasannya mungkin karena faktor komunikasi. Wasit Jepang ini aktif berbicara dengan pemain, dan ini menciptakan kedekatan dengan para pemain yang kemudian menanamkan rasa respek kepada sang wasit,” ungkap Doll dalam pernyataan resmi Persija, dikutip pada Selasa (19/12/2023).

Baca Juga  Performa Unggul Persis Solo, Dua Kemenangan Beruntun di Liga 1 2023-2024

Pelatih tersebut bahkan berkesempatan untuk berbicara langsung dengan wasit Jepang setelah pertandingan. Doll menegaskan bahwa apresiasinya tidak hanya karena wasit memberikan penalti di menit akhir, melainkan juga karena penampilan wasit yang dinilainya sangat baik.

“Saya berbicara dengan wasit setelah pertandingan. Bukan karena dia memberikan penalti di menit akhir, tapi saya melihat kinerjanya sangat bagus,” tambahnya.

Sebelumnya, PSSI telah memberikan contoh positif dengan menugaskan dua wasit Jepang, yaitu Futoshi Nakamura dan Yusuke Aruki, untuk memimpin laga Liga 1 2023-2024. Kedua wasit ini turut memimpin pertandingan Persita Tangerang vs Persikabo 1973 dan Persis Solo vs Dewa United. Nakamura sendiri memimpin pertandingan antara Persija vs PSS Sleman di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, pada Sabtu (16/12/2023) malam WIB, yang berakhir dengan kemenangan 1-0 bagi Persija.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *