Sport  

Dunia Sepakbola Indonesia Bergairah dengan Kesiapan 7 Pemain Naturalisasi di Piala Asia 2023

Para pemain Timnas Indonesia kala berlaga.
Para pemain Timnas Indonesia kala berlaga.

Shin Tae-yong – Sebanyak tujuh pemain naturalisasi yang telah disiapkan oleh Timnas Indonesia untuk berkompetisi di Piala Asia 2023 akan menjadi perbincangan. Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, telah mengumumkan 29 pemain yang akan mengikuti pemusatan latihan (TC) di Turki menjelang Piala Asia 2023.

TC skuad Garuda ini akan berlangsung mulai dari 20 Desember hingga 6 Januari 2023. Di sana, Timnas Indonesia akan melakukan uji coba melawan Libya dua kali pada tanggal 2 dan 5 Januari 2024. Setelah itu, skuad Garuda akan menghadapi pertandingan uji coba melawan Iran di Qatar pada tanggal 9 Januari 2024.

Dari 29 pemain yang dipanggil ke Timnas Indonesia, sebagian besar dari mereka sudah mengikuti dua pertandingan awal Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Irak dan Filipina. Namun, Rachmat Irianto dipastikan tidak dapat berpartisipasi karena mengalami cedera dan tidak ada penggantinya.

Dari 29 pemain tersebut, hanya 23 pemain yang akan dibawa ke Qatar untuk berlaga di Piala Asia 2023 yang akan berlangsung mulai dari 12 Januari hingga 10 Februari 2024. Timnas Indonesia akan bersaing di Grup D Piala Asia 2023 bersama dengan Vietnam, Irak, dan Jepang.

Yang menarik, dari 29 pemain yang mengikuti TC, terdapat 7 pemain yang memiliki status sebagai pemain naturalisasi. Siapa sajakah mereka?

Berikut adalah 7 Pemain Naturalisasi yang Disiapkan Timnas Indonesia Tampil di Piala Asia 2023:

Baca Juga  Keisuke Honda: Timnas Indonesia Dipandang Sebagai Lawan Paling Menarik di Piala Asia 2023

Jordi Amat
Jordi Amat merupakan bek keturunan yang resmi dinaturalisasi menjadi warga negara Indonesia (WNI) pada Kamis, 17 November 2022. Hingga saat ini, bek tengah kelahiran Spanyol yang bermain untuk Johor Darul Takzim ini telah mencatatkan 10 caps dan 1 gol bersama Timnas Indonesia.

Shayne Pattynama
Shayne Pattynama resmi menjadi WNI setelah mengucapkan sumpah pada Selasa, 24 Januari 2023. Sejak debutnya bersama tim Merah Putih, bek kiri berusia 25 tahun yang bermain untuk Viking FK ini telah mengoleksi 5 penampilan dan 1 gol untuk Timnas Indonesia.

Sandy Walsh
Sandy Walsh resmi dinaturalisasi menjadi WNI bersama dengan Jordi Amat pada Kamis, 17 November 2022. Bek kanan berusia 28 tahun yang bermain di Liga Belgia bersama KV Mechelen ini telah bermain dalam 4 pertandingan untuk Timnas Indonesia.

Marc Klok
Marc Klok juga telah resmi dinaturalisasi menjadi WNI setelah mengucapkan sumpah di Kanwil Kumham DKI Jakarta pada Kamis, 12 November 2020. Gelandang Persib Bandung ini sudah mencatatkan 18 pertandingan dan 4 gol untuk Timnas Indonesia senior.

Ivar Jenner
Ivar Jenner resmi menyandang status WNI setelah mengucapkan sumpah di Kantor Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta pada Senin, 22 April 2023. Gelandang berusia 19 tahun yang bermain untuk FC Utrecht ini telah bermain dalam 2 pertandingan untuk Timnas Indonesia senior.

Baca Juga  Antisipasi Piala Asia 2023, Timnas Indonesia Siapkan Strategi Khusus di Turki

Rafael Struick
Sama dengan Ivar Jenner, Rafael Struick resmi menyandang paspor Indonesia sejak Senin, 22 April 2023. Winger kiri berusia 20 tahun yang bermain untuk ADO Den Haag ini telah mengoleksi 4 pertandingan untuk Timnas Indonesia senior.

Justin Hubner
Terakhir, ada Justin Hubner yang resmi menjadi WNI sejak Rabu, 6 Desember 2023. Bek berusia 20 tahun ini masuk dalam skuad Wolverhampton Wanderers senior dalam pertandingan melawan Arsenal di Liga Inggris 2023-2024, Sabtu, 2 Desember 2023, meskipun tidak bermain.

Dengan demikian, Justin Hubner semakin mendekati debutnya di Liga Inggris bersama Wolverhampton Wanderers senior. Waktu yang akan menjawab kapan bek setinggi 1,87 meter ini akan membuat debutnya di Liga Inggris.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *