Sport  

Drama Lima Pemain Naturalisasi: Gagal Total di Panggung Timnas Indonesia

Osas Saha kala membela Timnas Indonesia.
Osas Saha kala membela Timnas Indonesia.

Jakarta – Performa beberapa pemain bintang yang menjalani proses naturalisasi dan bergabung dengan Timnas Indonesia menarik perhatian. Salah satunya bahkan pernah menjadi bagian dari klub raksasa Belanda, Feyenoord Rotterdam.

Naturalisasi pemain keturunan menjadi salah satu opsi untuk memperkuat skuad Timnas Indonesia. Di bawah kepemimpinan pelatih Shin Tae-yong, beberapa pemain keturunan seperti Shayne Pattynama, Sandy Walsh, Jordi Amat, Ivar Jenner, dan Rafael Struick telah bergabung dengan Timnas.

Meski demikian, tidak semua pemain bintang yang dinaturalisasi berhasil menunjukkan performa yang memuaskan. Berikut adalah lima pemain bintang naturalisasi yang gagal total saat membela Timnas Indonesia:

  1. Tonnie Cusell

Salah satu pemain naturalisasi yang mengalami kegagalan total bersama Timnas Indonesia adalah Tonnie Cusell. Dia mendapatkan status naturalisasi pada tahun 2012. Tonnie kemudian dipanggil untuk membela Timnas pada Piala AFF 2012, tetapi setelah itu, dia tidak lagi dipanggil dan telah pensiun sejak tahun 2016.

Baca Juga  Evaluasi Masa Depan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Pernyataan Anggota Exco PSSI
  1. Sergio Van Dijk

Sergio Van Dijk dinaturalisasi pada tahun 2013 dan melakukan debut bersama Timnas Indonesia pada tahun yang sama. Van Dijk turut bermain dalam kualifikasi Piala Asia 2015 melawan Arab Saudi, tetapi meski mencatatkan lima caps, performanya tidak mencapai tingkat yang diharapkan.

  1. Esteban Vizcarra

Esteban Vizcarra menduduki peringkat ketiga. Setelah mengganti kewarganegaraan dari Argentina ke Indonesia pada tahun 2018, Vizcarra hanya dipanggil sekali untuk membela Timnas Indonesia, yakni dalam pertandingan uji coba melawan Myanmar pada tahun yang sama.

  1. Osas Saha

Osas Saha, yang beralih kewarganegaraan dari Nigeria ke Indonesia pada tahun 2019, pernah dipanggil membela Timnas Indonesia pada tahun yang sama. Namun, eks pemain PSM Makassar itu hanya tampil dalam dua pertandingan bersama skuad Garuda.

Baca Juga  Tegangnya Final Liga 2 Penyalakan Flare Picu Kontroversi di Stadion
  1. Jhonny van Beukering

Jhonny van Beukering, yang sebelumnya memperkuat Feyenoord Rotterdam di Belanda, dinaturalisasi pada tahun 2012. Meski memiliki karier cemerlang di Belanda, Van Beukering tidak mampu menampilkan kegemilangan yang sama bersama Timnas Indonesia. Dia hanya mencatatkan dua caps dengan kontribusi dua assist sepanjang perjalanannya bersama Timnas Indonesia.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *