Sport  

Kisah Rivalitas Fantastic Four: Empat Pembalap Hebat di Era MotoGP

Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi kala masih balapan di MotoGP.
Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi kala masih balapan di MotoGP.

Jakarta – Rivalitas antara empat pembalap hebat di MotoGP pada pertengahan 2000-an tetap menarik untuk dibahas, sebab keempatnya belum pernah disaingi oleh pembalap era saat ini.

Valentino Rossi, Casey Stoner, Jorge Lorenzo, dan Dani Pedrosa adalah keempat pembalap yang mendominasi dunia balap MotoGP pada periode tersebut. Mereka sering disebut sebagai Fantastic Four.

Valentino Rossi, yang menjadi pembalap tertua di antara Fantastic Four, telah aktif sejak era 1990-an dan meraih tujuh gelar juara dunia di berbagai kelas, mulai dari 125 cc dan 250 cc bersama Aprilia, hingga 500 cc dan MotoGP bersama Honda, serta dua gelar MotoGP bersama Yamaha.

Dominasi Valentino Rossi pada awal 2000-an terasa tak terbendung. Namun, pada tahun 2006, muncul dua pembalap muda, Casey Stoner dan Dani Pedrosa, sebagai kontestan baru.

Pedrosa bergabung dengan tim pabrikan Honda, sedangkan Stoner tampil sebagai pembalap tim satelit LCR Honda. Meskipun memberikan ancaman, dominasi Rossi tetap tidak tergoyahkan.

Baca Juga  Alex Marquez dan Fabio Di Giannantonio Bergabung di Tim Gresini Racing MotoGP

Musim 2007 menjadi saat pertarungan sengit antara Rossi dan Stoner setelah Stoner pindah ke Ducati. Duel ini dimenangkan oleh Stoner, dengan Pedrosa di peringkat ketiga.

Pada musim 2008, Jorge Lorenzo naik ke kelas MotoGP bersama Yamaha, menambah ketatnya persaingan. Lorenzo, meskipun satu tim dengan Rossi, memiliki hubungan yang tidak baik dengan The Doctor. Pada akhir musim, Rossi keluar sebagai juara, disusul Stoner dan Pedrosa.

Hubungan antara Rossi dan Lorenzo semakin memanas di musim 2009, dengan keduanya saling mendahului di lintasan. Rossi keluar sebagai juara, diikuti oleh Lorenzo, Pedrosa, dan Stoner.

Musim 2010 dibuka dengan dominasi Rossi, tetapi cedera membuatnya absen beberapa balapan. Lorenzo tampil konsisten dan keluar sebagai juara, diikuti oleh Pedrosa, Rossi, dan Stoner.

Pada 2011, Stoner pindah ke Repsol Honda dan Rossi ke Ducati. Stoner keluar sebagai juara, sementara Rossi finish di peringkat ketujuh. Lorenzo dan Pedrosa masing-masing di urutan kedua dan keempat.

Musim 2012 ditandai dengan pensiunnya Stoner dan kembalinya Rossi ke tim Yamaha. Persaingan terpanas terjadi antara Lorenzo dan Pedrosa, dengan Lorenzo keluar sebagai juara.

Baca Juga  Marc Marquez Siap Berkarya Lagi di MotoGP Belanda 2023 Setelah Pemulihan Cedera

Musim 2013 menjadi musim terakhir Fantastic Four bersaing secara kompetitif. Marc Marquez, pembalap debutan, menjadi juara, diikuti oleh Lorenzo, Pedrosa, dan Rossi.

Dominasi Fantastic Four digantikan oleh Marc Marquez dari 2014 hingga 2019. Pembalap Fantastic Four satu per satu pensiun, dimulai dari Pedrosa pada 2018, Lorenzo pada 2019, dan terakhir Rossi pada 2021.

Demikianlah kisah rivalitas empat pembalap terhebat di MotoGP yang akan abadi dalam sejarah balap motor.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *