Sport  

Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia: Jejak Gemilang Lima Bintang Sebelum Era Shin Tae-yong

Stefano Lilipaly merupakan salah satu pemain naturalisasi Timnas Indonesia yang bersinar sebelum era Shin Tae-yong.
Stefano Lilipaly merupakan salah satu pemain naturalisasi Timnas Indonesia yang bersinar sebelum era Shin Tae-yong

Shin Tae-yong – Sebanyak 5 pemain yang menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) melalui naturalisasi sebelum kepemimpinan Shin Tae-yong, yang tampil mengesankan, akan diulas. Program naturalisasi untuk pemain keturunan atau asing di Timnas Indonesia dimulai sejak tahun 2010 dan masih berlanjut hingga saat ini.

Berikut adalah 5 Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Sebelum Kepemimpinan Shin Tae-yong yang Tampil Gemilang:

Irfan Bachdim

Irfan Haarys Bachdim, juga dikenal sebagai Irfan Bachdim, adalah pemain yang dapat bermain sebagai penyerang, pemain sayap, atau gelandang serang. Saat ini, ia membela klub Liga 1 2023-2024, Persik Kediri. Pemain asal Belanda ini dinaturalisasi menjadi WNI dan melakukan debut untuk Timnas Indonesia pada 1 Desember 2010. Selama membela Timnas, Irfan Bachdim telah mencatatkan 40 caps dan 11 gol.

Raphel Maitimo

Raphael Maitimo, yang kini menjadi pelatih Timnas Kanada U-17, sebelumnya bermain untuk klub-klub top di Indonesia seperti Persib Bandung, Persebaya Surabaya, dan PSM Makassar. Pemain keturunan Belanda ini dinaturalisasi menjadi WNI dan telah mengoleksi 4 caps dan 1 gol untuk Timnas Indonesia.

Baca Juga  Shin Tae-yong: Justin Hubner Pasti Ikut, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On Masih Menunggu

Stefano Lilipaly

Stefano Lilipaly dinaturalisasi menjadi WNI pada tahun 2011. Penyerang sayap berusia 33 tahun ini telah mencetak 9 gol dan memberikan 11 assist dari 22 pertandingan bersama Borneo FC di Liga 1 2023-2024. Lilipaly membawa Timnas Indonesia menjadi runner-up Piala AFF 2016 dan mencatatkan 30 caps dan 3 gol.

Beto Goncalves

Alberto Goncalves, atau Beto, adalah pemain kelahiran Brasil yang resmi menjadi WNI pada 2018. Striker berusia 42 tahun ini dinaturalisasi pada usia 37 tahun dan menjadi pemain naturalisasi tertua yang diakui oleh PSSI. Beto berhasil membawa Timnas Indonesia lolos ke 16 besar Asian Games 2018 dan telah mencetak 10 gol dari 12 caps.

Cristian Gonzales

Cristian Gonzales dinaturalisasi menjadi WNI pada tahun 2010 setelah tinggal lama di Indonesia. Selama membela Timnas Indonesia, penyerang kelahiran Uruguay ini telah mencetak 13 gol dari 32 penampilannya. Meskipun membawa Timnas hampir juara Piala AFF 2010, Gonzales hanya berhasil menjadi runner-up setelah kalah dari Malaysia di final. Saat ini, pemain yang telah masuk Islam ini tidak memiliki klub sejak Juli 2023.

Baca Juga  Shayne Pattynama Tinggalkan Viking FK: Mencari Tantangan Baru di Dunia Sepak Bola

Demikianlah 5 pemain naturalisasi Timnas Indonesia sebelum kepemimpinan Shin Tae-yong yang tampil gemilang. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *