Sport  

Dilema Kiper Timnas Indonesia: Cedera Ernando Ari Picu Pertanyaan Siapa Penggantinya di Piala Asia 2023

Ernando Ari Sutaryadi cedera jelang Piala Asia 2023.
Ernando Ari Sutaryadi cedera jelang Piala Asia 2023

Ernando Ari – Penjaga gawang Timnas Indonesia, Ernando Ari, mengalami cedera menjelang Piala Asia 2023, memunculkan pertanyaan mengenai siapa yang akan menjadi kiper utama Timnas Indonesia dalam turnamen tersebut.

Cedera tersebut dialami oleh Ernando Ari saat membela Persebaya Surabaya dalam pertandingan tunda pekan ke-18 Liga 1 2023-2024 melawan Persis Solo di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada Rabu (13/12/2023) malam WIB.

Pada pertandingan tersebut, Ernando Ari mengalami kesakitan pada babak kedua. Kiper berusia 21 tahun itu mengalami cedera serius di bagian engkel, sehingga harus digantikan oleh Andhika Ramadhani di menit ke-73.

Hingga saat artikel ini ditulis, belum ada konfirmasi lebih lanjut dari pihak Persebaya Surabaya mengenai kapan Ernando Ari dapat pulih dari cederanya. Kondisi ini menimbulkan kekhawatiran akan absennya Ernando Ari di Piala Asia 2023, meskipun tidak diinginkan oleh para penggemar Timnas Indonesia.

Baca Juga  Antisipasi Pertandingan Besar, Prediksi Line Up Timnas Indonesia vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Dalam konteks ini, apabila Ernando Ari benar-benar absen di Piala Asia 2023, pertanyaan muncul mengenai siapa yang akan menjadi kiper utama Timnas Indonesia. Sejauh ini, Nadeo Argawinata menjadi pelapis Ernando Ari, namun penampilannya di Borneo FC sedikit diragukan.

Meskipun telah mengumpulkan 24 caps bersama Timnas Indonesia, penampilan Nadeo belakangan ini kurang mengesankan jika dibandingkan dengan Ernando Ari. Baru-baru ini, kiper berusia 26 tahun tersebut kebobolan lima kali saat Timnas Indonesia mengalami kekalahan 1-5 dari Irak dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Di sisi lain, Ernando Ari tampil lebih meyakinkan saat Timnas Indonesia bermain imbang 1-1 melawan Filipina, hanya kebobolan satu gol dan melakukan banyak penyelamatan penting. Namun, Nadeo masih memiliki waktu untuk belajar dari pengalaman pertandingan sebelumnya.

Yang pasti, Timnas Indonesia tergabung dalam Grup D Piala Asia 2023 bersama Jepang, Irak, dan Vietnam. Mereka akan menghadapi Irak pada 15 Januari 2024, Vietnam pada 19 Januari 2024, dan Jepang pada 24 Januari 2024.

Baca Juga  Dari Adu Jotos hingga Makan Mie Instan, Kontroversi Seru Timnas Indonesia

Sebelumnya, Timnas Indonesia akan menjalani pemusatan latihan di Turki dan mengikuti dua uji coba melawan Timnas Libya di Antalya pada 2 dan 5 Januari 2024. Setelah itu, skuad Garuda akan menghadapi Iran dalam uji coba di Qatar pada 9 Januari 2023.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *