Sport  

Hasani Abdulgani Ungkap Potensi Naturalisasi Ribuan Pemain Keturunan Indonesia di Belanda

Justin Hubner siap bela Timnas Indonesia usai resmi menjadi WNI.
Justin Hubner siap bela Timnas Indonesia usai resmi menjadi WNI.

Hasani AbdulganiHasani Abdulgani, mantan anggota Komisi Eksekutif (Exco) PSSI, mengungkap informasi menarik terkait potensi naturalisasi ratusan hingga ribuan pemain keturunan Indonesia di Belanda. Bocoran ini menjadi sorotan mengingat PSSI sedang aktif dalam upaya naturalisasi pemain asal Eropa untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Seiring dengan program naturalisasi yang dilakukan PSSI dalam beberapa tahun terakhir, terutama di era pelatihan Shin Tae-yong, fokusnya semakin terarah pada pemain berdarah Indonesia yang berkarier di Eropa. Jordi Amat dan Sandy Walsh menjadi awal dari program naturalisasi tersebut, menarik perhatian pemain keturunan Indonesia di Belanda dan Belgia.

Hasani, yang terlibat dalam naturalisasi Jordi dan Sandy, mengungkapkan bahwa ada ratusan hingga ribuan pemain keturunan Indonesia di Belanda yang berpotensi untuk masuk program naturalisasi. Ini memberikan keyakinan bahwa PSSI tidak akan kekurangan pemain keturunan jika keinginan untuk naturalisasi pemain masih ada.

Baca Juga  Martunis dan Jersey Ronaldo, Kisah Inspirasional Kebaikan Hati dan Pengorbanan

“Hasil pertemuan saya sewaktu berkunjung ke Belanda, ada ratusan atau ribuan pemain-pemain yang potensial yang masih punya keturunan Indonesia,” tambahnya.

Fakta bahwa banyak pemain keturunan Indonesia di Belanda memberikan peluang positif bagi PSSI jika mereka berencana untuk terus melakukan naturalisasi pemain. Meskipun demikian, saat ini PSSI tengah fokus menyelesaikan proses naturalisasi untuk sejumlah pemain yang sudah termasuk dalam program tersebut.

Baca Juga  Hasani Abdulgani Temukan Peluang untuk Lanjutkan Naturalisasi Maarten Paes

Baru-baru ini, PSSI berhasil menyelesaikan naturalisasi Justin Hubner. Selanjutnya, fokus PSSI kini beralih pada penyelesaian proses naturalisasi untuk Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On.

Selain ketiga nama tersebut, Ragnar Oratmangoen juga menjadi kandidat pemain yang masuk dalam program naturalisasi Indonesia. Upaya naturalisasi ini dilakukan untuk memperkuat Timnas Indonesia secara instan, terutama menghadapi Piala Asia 2023 pada tahun 2024 dan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *