Sport  

Hasani Abdulgani: Tidak Ada Dana Khusus untuk Pemain Naturalisasi Timnas

Pemain Timnas Indonesia, Jordi Amat.
Pemain Timnas Indonesia, Jordi Amat.

Hasani AbdulganiHasani Abdulgani, mantan anggota Exco PSSI, menegaskan bahwa tidak ada anggaran khusus yang dialokasikan untuk pemain naturalisasi selama menjalani proses perpindahan kewarganegaraan. Dalam konteks ini, ia menyatakan bahwa PSSI tidak membayar pemain seperti Jordi Amat dan rekan-rekannya untuk mewakili Timnas Indonesia.

Hasani Abdulgani menyampaikan pernyataan tersebut berdasarkan pengalamannya dalam mengurus proses naturalisasi pemain keturunan yang direkomendasikan oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Beberapa pemain yang pernah diurusnya meliputi Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama.

Selain itu, Hasani Abdulgani juga mencatat bahwa ia turut membantu proses naturalisasi Ivar Jenner, Rafael Struick, dan Justin Hubner. Meskipun proses naturalisasi ketiga pemain keturunan tersebut tidak sepenuhnya selesai hingga pengambilan sumpah WNI.

Baca Juga  Dari Rivalitas ke Persahabatan: Susy Susanti Hadiri Pernikahan Putra Rivalnya, Huang Hua

Dalam penjelasannya, Hasani Abdulgani menegaskan bahwa selama ia mengurus proses naturalisasi, tidak ada alokasi anggaran khusus untuk pemain.

Walaupun Hasani Abdulgani mengakui adanya anggaran yang digunakan untuk proses administrasi, ia menegaskan bahwa pemain naturalisasi tidak mendapatkan bayaran dari PSSI sesuai regulasi yang berlaku.

Meskipun tidak mendapatkan bayaran dari PSSI, pemain naturalisasi diharapkan dilepas oleh klubnya demi kepentingan Timnas Indonesia, yang merupakan kewajiban sebagai WNI.

Baca Juga  Marc Marquez Siap Hadapi Tantangan Cuaca di MotoGP Australia 2023

“Kewajiban seorang pemain saat menandatangani kesepakatan dengan klub adalah melepaskan diri jika dipanggil oleh tim negaranya,” tegas Hasani Abdulgani.

Selain itu, pemain naturalisasi berhak mendapatkan bonus atas partisipasinya bersama Timnas Indonesia. Mereka juga dapat menerima kenaikan bonus dari klub masing-masing sebagai penghargaan atas kontribusinya dalam memperkuat Timnas Indonesia.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *