Sport  

Kisah Dramatis Piala Dunia U-17 2023: Banjir di Stadion JIS Mewarnai Perhelatan

Lima kontroversi sempat mewarnai Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia.
Lima kontroversi sempat mewarnai Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia

Piala Dunia U-17 2023Piala Dunia U-17 2023 Indonesia menyimpan sejumlah cerita kontroversial yang memeriahkan kompetisi di level kelompok umur. Simak ringkasan dari lima peristiwa menarik ini.

Banjir di Stadion JIS
Jakarta International Stadium (Stadion JIS) menjadi pusat perhatian setelah banjir terjadi usai pertandingan antara Timnas Inggris U-17 dan Timnas Iran U-17 pada malam Selasa, 14 November 2023. Hujan deras di wilayah Jakarta Utara menyebabkan genangan air di sekitar stadion.

Insiden terjadi ketika penonton hendak meninggalkan stadion setelah menyaksikan pertandingan. Hal ini menyebabkan mereka harus berjalan hati-hati agar tidak terpeleset saat keluar menuju lapangan parkir dan halte Transjakarta.

Lapangan Becek di Stadion JIS
Kontroversi lain melibatkan Stadion JIS, di mana lapangan tergenang selama pertandingan perempatfinal antara Timnas Brasil U-17 dan Timnas Argentina U-17 pada Jumat, 24 November 2023 malam WIB.

Pertandingan bahkan mengalami penundaan selama 30 menit akibat insiden tersebut. Beruntung, upaya keras penyelenggara, didukung oleh sistem drainase yang baik, membuat genangan air cepat surut.

Baca Juga  Timnas Brasil Puji Persiapan Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023

Handball Timnas Maroko U-17
Pendukung Timnas Indonesia U-17 merasa kecewa karena Timnas Maroko U-17 tidak dikenai penalti setelah insiden handball. Meskipun Piala Dunia U-17 2023 menggunakan Video Assistant Referee (VAR), keputusan tersebut tetap kontroversial.

Dari rekaman ulang, terlihat bola menyentuh pinggang pemain Maroko sebelum mengenai tangannya. Meskipun dalam posisi aktif, insiden tersebut tidak dianggap sebagai pelanggaran karena terjadi kontak dengan bagian tubuh lain lebih dulu.

Hujan di Bandung
Kecamatan Soreang di Kabupaten Bandung juga dilanda hujan sedang hingga tinggi, tidak hanya Jakarta. Akibatnya, sejumlah pertandingan di Stadion Si Jalak Harupat mengalami penundaan, baik sebelum maupun selama pertandingan.

Hal ini merugikan tim yang berlaga karena harus mengulang pemanasan, dan kesiapan mereka terganggu. Meskipun demikian, penundaan diambil demi menjaga keselamatan.

Pemain Kontroversial Timnas Prancis U-17
Timnas Prancis U-17 menjadi sorotan karena dugaan penggunaan pemain ilegal, yakni Yanis Issoufou. Pemain ini sebelumnya telah bermain untuk Timnas Niger U-17 dalam Piala Afrika U-17 2022.

Baca Juga  Timnas Indonesia U-17 Tunggu Keberuntungan, 5 Pemain Siap Menggila Jika Lolos 16 Besar Piala Dunia U-17 2023

Laporan menyebutkan bahwa FIFA belum mendapatkan informasi resmi tentang perubahan status pemain dan pergantian federasi sepakbola. Hal ini merupakan pelanggaran yang signifikan.

Meskipun Timnas Burkina Faso U-17 mengajukan banding kepada FIFA untuk mendiskualifikasi Timnas Prancis U-17, anak asuh Jean-Luc Vannuchi tetap melangkah ke babak semifinal.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *