Sport  

Ancaman Dilarang di Liga Champions 2024-2025: Penyebab Manchester United Terancam Hukuman UEFA Terungkap

Manchester United terancam dilarang tampil di Liga Champions 2024-2025 karena Sir Jim Ratcliffe.
Manchester United terancam dilarang tampil di Liga Champions 2024-2025 karena Sir Jim Ratcliffe

Manchester Bayang-bayang larangan tampil di Liga Champions musim 2024-2025 melayang di atas kepala Manchester United, mengemuka dari rencana akuisisi saham oleh calon pemilik, Sir Jim Ratcliffe. Rencana ini menimbulkan risiko, mengingat Ratcliffe juga memiliki saham di klub Prancis, OGC Nice.

Rumor mengindikasikan bahwa Sir Jim Ratcliffe berencana mengakuisisi 25 persen saham Manchester United senilai 1,3 miliar poundsterling atau setara dengan Rp25,35 triliun. Kemenangan Ratcliffe atas pengusaha Qatar, Sheikh Jassim, memicu pertanyaan tentang konsekuensi dari kepemilikan ganda ini, terutama mengingat Ratcliffe sudah memiliki OGC Nice di Liga Prancis.

Saingan sengit antara Paris Saint-Germain dan OGC Nice di Liga Prancis menambah kompleksitas situasi. Dengan Nice menempati peringkat kedua, hanya terpaut satu poin dari pemuncak klasemen, Paris Saint-Germain, keduanya berpotensi melaju ke Liga Champions 2024-2025.

Baca Juga  Erik ten Hag Dikritik, Wayne Rooney Soroti Para Pemain Muda Manchester United

Peraturan UEFA yang melarang kepemilikan klub ganda menjadi ancaman serius bagi Manchester United. Jika Nice dan Manchester United keduanya lolos ke Liga Champions, satu di antara mereka harus dieliminasi. Peraturan tersebut menyebutkan bahwa tim dengan peringkat lebih tinggi akan diprioritaskan.

Nice, berada di posisi kedua di Liga Prancis, tampaknya memiliki posisi lebih menguntungkan dibanding Manchester United yang hanya menempati urutan keenam di Liga Inggris. Jika Nice finis di posisi yang lebih baik, Manchester United berisiko dilarang tampil di Liga Champions.

“Situasi ini jelas sesuai peraturan yang ada. Ineos memiliki Nice dan akan memiliki peran signifikan di United,” ungkap sumber UEFA kepada The Sun. “Terkecuali ada perubahan peraturan atau Ineos menjual salah satu sahamnya, keduanya tidak bisa bermain di kompetisi Eropa secara bersamaan, kecuali jika satu ke Liga Champions dan satu ke Liga Konferensi Eropa,” tambahnya.

Baca Juga  Newcastle United Tundukkan Manchester United 3-0 di Carabao Cup 2023-2024

Ancaman ini menyoroti pentingnya aturan UEFA dalam menjaga integritas dan fair play di kompetisi sepakbola Eropa. Manchester United, klub raksasa Inggris, harus menjelaskan strategi menghadapi potensi hukuman ini sambil tetap berfokus pada perjalanan mereka di musim ini.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *