Sport  

Timnas Indonesia U-17 Berduka, Psikolog Ungkap Proses Penyembuhan

Timnas Indonesia U-17 kala berlaga di Piala Dunia U-17 2023.
Timnas Indonesia U-17 kala berlaga di Piala Dunia U-17 2023.

Surabaya Kekecewaan melanda Timnas Indonesia U-17 setelah mereka gagal melaju ke babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023. Psikolog Timnas, Afif Kurniawan, mengungkapkan suasana hati pemain yang terpukul setelah mengetahui takdir mereka dalam turnamen tersebut.

Afif Kurniawan menyatakan bahwa para pemain tidak dapat menghindari rasa sedih setelah tersingkir dari kompetisi tersebut. Baginya, fase kekecewaan itu merupakan reaksi yang wajar, mengingat mereka telah berjuang dengan segala daya upaya.

“Saat diumumkan skor Meksiko yang kemudian menang 4-0, selama 24 jam itu, situasinya di ruang makan seperti ada mendung,” ujar Afif, seperti yang dikutip dari keterangan resmi yang diterima MNC Portal Indonesia (MPI), Jumat (24/11/2023).

Dalam perspektif psikologi, Afif menekankan pentingnya memberikan waktu kepada pemain untuk meresapi kekecewaan mereka selama 24 jam. Menurutnya, ini adalah proses yang alami bagi mereka untuk menerima kenyataan bahwa perjalanan mereka di Piala Dunia harus berakhir.

Baca Juga  PSSI Perhatikan Asupan Nutrisi Timnas Indonesia U-17 di Jerman

“Apakah ada pendekatan khusus? Ada, tapi setelah 24 jam. Kalau 24 jam itu kita langsung masuk, bisa tambah jengkel. Kita biarkan di fase itu,” lanjutnya.

Afif menjelaskan bahwa kesedihan tersebut hanya berlangsung selama 24 jam. Setelah itu, tim psikolog melakukan pendekatan baik secara personal maupun berkelompok untuk membantu pemain melewati fase sulit ini.

“Pemain saat ini sudah move on dan berfokus pada tantangan berikutnya. Mereka sudah bersiap menatap perjalanan di depan,” tambah Afif.

Meskipun Garuda Asia, julukan Timnas Indonesia U-17, terhenti di fase grup dengan berada di posisi ketiga dengan dua poin, tetapi semangat mereka untuk bangkit dan melangkah ke depan tetap menjadi fokus utama. Proses penyembuhan psikologis diharapkan dapat membantu para pemain kembali pada performa terbaik mereka untuk menghadapi tantangan berikutnya.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *