Sport  

Irak Pernah Meramaikan Piala Dunia: Kilas Balik Kejayaan di Meksiko 1986

Timnas Irak pernah tampil di Piala Dunia 1986.
Timnas Irak pernah tampil di Piala Dunia 1986

Jakarta – Kehebatan Timnas Irak dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 memberikan kilas balik pada momen bersejarah ketika Irak pernah meramaikan Piala Dunia pada tahun 1986 di Toluca, Meksiko. Penampilan impresif Timnas Irak di Basra International Stadium dengan mengalahkan Timnas Indonesia 5-1 pada Kamis (16/11/2023) semakin memantapkan posisi mereka sebagai kekuatan sepak bola yang patut diperhitungkan.

Mengutip informasi dari FIFA pada Jumat (17/11/2023), Irak memasuki panggung Piala Dunia untuk pertama kalinya pada tahun 1986. Saat itu, mereka tergabung dalam Grup B bersama tuan rumah Meksiko, Belgia, dan Paraguay.

Meskipun perjalanan mereka dalam kompetisi ini tidak melampaui fase grup, kehadiran Irak di Piala Dunia menjadi prestasi bersejarah bagi sepakbola negara tersebut. Pertandingan pertama mereka di Piala Dunia 1986 melawan Paraguay pada 2 Juni 1986, meskipun berakhir dengan kekalahan 1-0, Irak berhasil memberikan perlawanan tangguh.

Baca Juga  Rio Ferdinand Sarankan Manchester United Rekrut Ronald Araujo dan Kevin Danso

Pertandingan krusial mereka berikutnya melawan Belgia menjadi penentu nasib mereka di turnamen. Meskipun harus bermain dengan 10 orang dalam sebagian besar pertandingan, Irak tetap berjuang, namun akhirnya kalah dengan skor 2-1, dan harus pulang lebih awal.

Pada pertandingan terakhir fase grup melawan tuan rumah Meksiko, Irak menunjukkan semangat juang yang luar biasa di hadapan pendukung Meksiko. Meskipun kalah 1-0, penampilan mereka dianggap mengesankan mengingat tekanan yang mereka hadapi.

Pencapaian Irak mencapai Piala Dunia 1986 menjadi tonggak sejarah yang membanggakan, dan meskipun belum kembali ke panggung Piala Dunia sejak saat itu, Timnas Irak terus berusaha untuk mengembangkan sepakbola di negara mereka.

Baca Juga  Bintang-Bintang yang Bersinar, 5 Pesepakbola Top yang Dilatih oleh Jose Mourinho

Sementara kisah Piala Dunia 1986 mungkin tinggal sebagai kenangan, performa apik Timnas Irak dalam kualifikasi terkini memberikan harapan dan kebanggaan baru bagi para penggemar sepakbola di Irak.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *