Sport  

DBL 2023 Seri DKI Jakarta: AIPL Pondok Labu Menang Dramatis atas Kolese Kanisius

Duel AIPL vs Kanisius di DBL 2023.
Duel AIPL vs Kanisius di DBL 2023.

Championship – BABAK bergengsi atau Championship Series perhelatan liga basket pelajar terbesar, DBL 2023 seri DKI Jakarta, baru saja digelar. Meski begitu, atmosfer persaingan yang tersaji sudah serasa final.

Pasalnya, duel sengit nan menegangkan tersaji dalam pertandingan putra antara SMA Al-Izhar Pondok Labu versus SMA Kolese Kanisius Jakarta. SMA Al-Izhar Pondok Labu pun sukses menang dramatis atas Kanisius di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kamis 2 November 2023.

Berstatus sebagai champion mewakili Seri Jakarta Selatan (South Region), anak-anak AIPL -sebutan SMA Al-Izhar Pondok Labu- semula begitu mendominasi. Mereka sempat unggul dengan nyaman 17-8 pada akhir kuarter pertama.

Memasuki kuarter kedua, CC -julukan SMA Kolese Kanisius- berupaya bangkit. Hingga akhirnya, mereka mampu mengejar.

CC berhasil memperkecil marjin hingga hanya tertinggal tiga poin jelang turun minum. Skor 24-21, AIPL tetap memimpin.

Pada kuarter ketiga, justru CC tampil lebih garang lagi. Mereka bahkan mendapatkan momentum berbalik unggul. Hingga akhirnya, kuarter ketiga ditutup oleh keunggulan CC dengan skor 33-27.

Situasi makin mencekam menginjak kuarter keempat. AIPL mulai merespons permainan dan pelan-pelan balik mengejar. Hingga akhirnya, mereka mampu mengembalikan keunggulan. Laga pun dimenangkan AIPL dengan keunggulan 42-36.

Baca Juga  Timnas Indonesia Gagal Balaskan Dendam, Dibantai Meski Kekalahan Tipis oleh Libya

Fakhri Putra Afrinaldi tampil sebagai bintang bagi kemenangan dramatis AIPL. Dia juga sukses menjalankan peran sebagai kapten tim.

Fakhri pun dengan kontribusi 14 poin dan 4 assist pada laga ini. Sedangkan dari CC, Zefanya Nathaniel Tanzil jadi pendulang tertinggi dengan 13 poin, disusul Kenn Mikael Sumardiman dengan tambahan 10 poin.

Dengan hasil kemenangan ini, AIPL akan melaju pada upper bracket persaingan putra musim ini yang menggunakan sistem double elimination. Mereka akan bertemu dengan SMA Bukit Sion Jakarta yang juga mengawali laga perdana dengan positif.

Sang champion dari Seri Jakarta Barat (West Region) ini menang dengan skor 53-36 atas SMAN 91 Jakarta (runner-up Seri Jakarta Timur atau East Region. Duel antara tim pemenang ini, AIPL vs Bukit Sion akan dilangsungkan Sabtu 4 November 2023.

Sementara itu, bagi dua tim putra yang menelan kekalahan pada laga perdana, yakni SMA Kolese Kanisius Jakarta dan SMAN 91 Jakarta, bukan berarti langsung tersingkir. Mereka masih memiliki sisa ‘satu nyawa’ lagi.

Baca Juga  Simone Inzaghi Puji Performa Genoa, Inter Milan Terhenti di Stadio Luigi Ferraris

Namun, mereka harus bertemu dengan sesama tim yang dikalahkan pada lower bracket. Kedua tim yang terluka ini akan saling bertemu pada Minggu 5 November 2023. Pemenang duel itu nantinya akan terus melaju, sedangkan yang harus menelan kekalahan lagi (kedua kalinya), otomatis akan langsung tersingkir.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) DKI Jakarta, Andri Yansyah, yang hadir membuka gelaran fase bergengsi ini sampai tak beranjak dari kursinya hingga laga berakhir. Begitu pula Ketua Umum Pengprov Perbasi DKI Jakarta Lexyndo Hakim, serta tamu undangan lainnya.

”Luar biasa sengit persaingannya di lapangan. Meriah juga animo suporter masing-masing sekolah yang memberi dukungan di tribun,” ungkap Andri Yansyah.

“Saya berharap. Persaingan selama sepekan kedepan ini berjalan lancar dan sportif. Hingga nantinya, akan menghasilkan dua tim terbaik putra dan putri yang akan mencatatkan sejarah. Tampil pada Final DBL Seri DKI Jakarta di Indonesia Arena, tanggal 17 November mendatang,” tambahnya.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *