Sport  

Ketua PSSI Erick Thohir Absen Mendampingi Timnas Indonesia di Leg II Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Erick Thohir tak bisa mendampingi Timnas Indonesia di leg II.
Erick Thohir tak bisa mendampingi Timnas Indonesia di leg II

Jakarta – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dengan rasa berat hati harus membatalkan niatnya untuk mendampingi Timnas Indonesia dalam pertandingan leg II Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia melawan Timnas Brunei Darussalam. Kehadiran Erick Thohir dibutuhkan dalam tugas kenegaraan yang diberikan oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Dalam leg I yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, pada Kamis, 12 Oktober 2023, skuad Garuda berhasil meraih kemenangan gemilang dengan skor 6-0. Hasil tersebut didapat berkat hattrick Dimas Drajad (7’, 72’, dan 90+2), Rizky Ridho (12’), serta brace Ramadhan Sananta (63’p, 67’).

Pada pertandingan tersebut, Erick Thohir masih dapat mendampingi Timnas Indonesia, bahkan sempat masuk ke ruang ganti pemain. Sayangnya, ia tidak akan hadir dalam leg II yang dijadwalkan pada Selasa, 17 Oktober 2023, di Bandar Seri Begawan.

Baca Juga  Jurgen Klopp Merasa Beruntung Liverpool Raih Kemenangan Dramatis atas Wolverhampton

Erick menjelaskan bahwa ada tugas kenegaraan lain yang mencegahnya untuk hadir di Brunei Darussalam. Oleh karena itu, ia menyempatkan waktu untuk menyaksikan leg pertama di SUGBK.

“Kebetulan saya ada tugas, mendampingi Bapak Presiden Jokowi pada 16-18 Oktober ke Beijing dan 18-20 Oktober ke Saudi Arabia. Saya tidak hadir (ke Brunei Darussalam),” kata Erick saat memberikan keterangan kepada media, termasuk MNC Portal Indonesia (MPI), di Jakarta, pada Jumat (13/10/2023).

Meskipun tidak bisa hadir secara langsung, Menteri BUMN tersebut menegaskan bahwa dukungan dan doanya akan tetap diberikan kepada tim yang diasuh oleh Shin Tae-yong. Ia menyadari bahwa inilah yang bisa ia lakukan di tengah jadwal yang sangat padat.

“Saya tetap akan memberikan doa dari jauh,” ungkap Erick.

Baca Juga  Claudio Echeverri Berlabuh di Manchester City, The Citizens Amankan Bintang Muda Argentina

Selain itu, Erick Thohir menyatakan keyakinannya bahwa Timnas Indonesia memiliki peluang besar untuk meraih hasil maksimal pada leg kedua. Yang terpenting, para pemain, seperti Asnawi Mangkualam dan rekan-rekannya, tidak boleh meremehkan lawan, yaitu Timnas Brunei Darussalam.

“Saya yakin tim bisa menjaga konsistensinya,” tegas Erick.

Dengan skor agregat 6-0, Indonesia saat ini berada pada ambang lolos ke babak kedua atau fase grup Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Mereka akan bergabung dalam Grup F bersama Irak, Vietnam, dan Filipina.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *