Sport  

Timnas Indonesia Berpotensi Menakutkan di Piala Asia 2023, Strategi Naturalisasi Jadi Kunci Sukses

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Football Tribe Japan – media olahraga ternama asal Jepang, telah mengungkapkan alasan mengapa Timnas Indonesia memiliki potensi untuk menjadi tim yang menakutkan di ajang Piala Asia 2023. Menurut laporan dari Football Tribe Japan, strategi naturalisasi yang dilakukan oleh PSSI telah membuat Timnas Indonesia menjadi tim yang berkekuatan besar dan siap bersaing di kancah benua Asia.

Pada babak penyisihan grup Piala Asia 2023, skuad Garuda -julukan Timnas Indonesia- akan bersaing di Grup D bersama Jepang, Vietnam, dan Irak. Turnamen prestisius ini akan digelar di Qatar mulai tanggal 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

Sebelum dimulainya Piala Asia 2023, PSSI telah disebut-sebut akan menaturalisasi 6 pemain diaspora yang saat ini berkarier di Eropa. Keenam pemain tersebut adalah Ragnar Oratmangoen (FC Groningen), Ilias Alhaft (Tanpa Klub/sebelumnya Almere City), Emil Audero (Sampdoria), Mees Hilgers (Fc Twente), Thom Haye (SC Herenveen), dan Jay Idzes (Venezia).

Rumor mengenai naturalisasi pemain-pemain ini sampai ke media Jepang, termasuk Football Tribe Japan. Dalam laporan mereka, Football Tribe Japan menyatakan bahwa PSSI telah lama merencanakan penguatan Timnas Indonesia melalui strategi naturalisasi, dengan fokus pada keenam pemain berdarah Indonesia tersebut.

Baca Juga  Ini Rupanya Biang Kerok Penyebab Messi Batal Datang ke Indonesia

“Semua pemain ini memiliki akar di Indonesia, dan PSSI yang berencana memperkuat Timnas Indonesia melalui ‘strategi naturalisasi’ sudah mengincar mereka sejak lama,” demikian tulis laporan Football Tribe Japan, dikutip pada Minggu (6/8/2023).

Jika rencana naturalisasi ini berhasil terealisasi, diprediksi Timnas Indonesia akan menjadi kekuatan besar di Piala Asia 2023 di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong. Hal ini menjadi peringatan bagi Timnas Jepang agar tidak meremehkan Timnas Indonesia saat bertemu di kompetisi tersebut.

“Timnas Indonesia berada di Grup D bersama Jepang, Vietnam, dan Irak di babak penyisihan grup Piala Asia yang akan digelar di Qatar awal tahun depan,” tulis Football Tribe Japan.

Meskipun saat ini Timnas Indonesia berada di peringkat 150 dalam peringkat FIFA dan terbawah di grupnya, Football Tribe Japan menegaskan bahwa skuad tersebut memiliki bakat besar dalam setiap individu pemain yang dibina oleh Shin Tae-yong.

Sejauh ini, Timnas Indonesia telah berhasil diperkuat oleh sejumlah pemain naturalisasi, kebanyakan berasal dari Belanda, seperti Marc Klok, Stefano Lilipaly, dan Ivar Jenner. Menariknya, Football Tribe Japan juga menyebutkan sejarah beberapa mantan pemain Timnas Belanda yang memiliki akar dari bekas jajahan Indonesia, seperti FW Robin van Persie, FW Roy Makaay, DF Jon Haitinha, MF Nigel Dejong, dan DF Giovanni van Bronckhorst.

Baca Juga  Pelatih Hamza Dawoud; Pertandingan Melawan Korea Selatan Adalah Pembelajaran Berharga untuk Timnas Irak

Dengan strategi naturalisasi yang dilakukan PSSI dan bakat individu yang kuat dari para pemainnya, Timnas Indonesia diharapkan dapat memberikan perlawanan yang sulit bagi lawan-lawannya di Piala Asia 2023. Bagaimana performa Timnas Indonesia sebenarnya? Kita nantikan aksinya dalam pertandingan mendatang di ajang bergengsi tersebut.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *