Solsel  

Solsel Segera Maksimalkan Potensi Perkebunan di SBJ

Solsel, fajarharapan.id – Kebangkitan perekonomian masyarakat Kabupaten Solok Selatan, khususnya di wilayah Kecamatan Sangir Balai Janggo (SBJ) terus di upayakan secara maksimal oleh Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Solok Selatan.

Sebagaimana program bantuan pangan yang telah disalurkan pada periode sebelumnya. Program ini merupakan salah satu upaya untuk melakukan pemulihan ekonomi dan pengendalian inflasi serta meringankan beban masyarakat.

Namun begitu, Bupati Solok Selatan, H. Khairunas mengatakan, dengan melihat kondisi mayoritas masyarakat SBJ yang merupakan petani perkebunan (kelapa sawit, karet, dan kopi) tentunya membutuhkan perhatian yang berbeda dibandingkan daerah lain.

“Wilayah SBJ, pertanian padi sangat kurang, mayoritas masyarakat petani perkebunan. perlu perhatian khusus dimana irigasi, jalan, infrastruktur, bantuan bibit unggul dan lainnya yang harus betul-betul dipikirkan pemerintahan daerah, termasuk fasilitas listrik dan kesehatan,” ujar Khairunas.
Khairunas menegaskan kepada seluruh jajaran pemerintahan tentang pentingnya validasi data kependudukan agar setiap program bantuan pemerintah tepat sasaran.
Sejalan dengan hal itu, Pemkab Solsel melalui Dinas Pertanian juga tengah mengupayakan program bantuan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Baca Juga  Sudah On Track, Solsel Terus Melompat Lebih Tinggi

Bupati Solsel, H. Khairunas tinjau penyerahan bantuan pangan BP-CBP periode ke-II Tahun 2024 di Kec. SBJ, Selasa (28/5/2024)Dengan mayoritas petani perkebunan kelapa sawit, Dinas Pertanian menyiapkan program bantuan replanting atau penanaman kembali bibit kelapa sawit untuk menggantikan jenis kelapa sawit yang tidak produktif atau telah habis masa panen dengan bibit kualitas unggulan.
“Ini adalah upaya keseriusan pemerintah daerah yang dilakukan melalui pendataan, mendapatkan bantuan, hingga pendistribusiannya kepada masyarakat yang menerima,” katanya.

Sementara itu Camat SBJ, Muslim menyampaikan menyampaikan dengan potensi masyarakat SBJ yang memiliki lahan perkebunan, Pemerintahan Kecamatan SBH mendukung program Dinas Pertanian, seperti replanting kelapa sawit uang telah dimulai sejak tahun 2021.

“Alhamdulillah, tahun ini selain program replanting kita juga punya peluang untuk memperoleh program Sarpras jalan bagi kelompok usaha tani dan peluang di bangunnya pabrik mini,” ujarnya.

Baca Juga  Pemkab Solsel Gelar Paket Sembako Murah

Selain itu Ia menghimbau kepada masyarakat yang tidak bisa ikut dalam program replanting karena tidak memenuhi persyaratan komoditi tanaman, agar segera melakukan alih komoditi.
“Masyarakat sedang didata dan dikelompokkan untuk nanti di ajukan ke Pemkab agar dicarikan peluang bantuannya dari pemerintahan pusat,” katanya.

Hal itu demi memberikan porsi bantuan yang adil dan menunjang peningkatan ekonomi masyarakat SBJ dengan potensi komoditi perkebunan yang ada.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *