Solsel  

Pengungsi Banjir Bandang di Jorong Sungai Kalu Dua Dapat Bantuan

Banjir Bandang
Pemkab Solok Selatan mendistribusikan kebutuhan air bersih bagi korban banjir bandang dan tanah longsor di Jorong Sungai Kalu Dua Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh

Padangaro – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatra Barat telah mendirikan dapur umum untuk menyediakan makanan bagi para korban banjir bandang dan longsor yang mengungsi di Jorong Sungai Kalu Dua, Nagari Pakan Rabaa Utara, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh.

“Dapur umum menyediakan lebih dari 400 porsi makanan per hari untuk para pengungsi korban banjir bandang dan longsor,” kata Ilhamka Yuzid, Sekretaris Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa/Nagari Solok Selatan, di Padang Aro, Jumat.

Selain itu, ketersediaan air bersih juga menjadi kebutuhan mendesak bagi para pengungsi saat ini.

“Pendistribusian air menggunakan tangki juga akan dilakukan ke lokasi bencana untuk para pengungsi pagi ini,” tambahnya.

Selain menyediakan makanan, pemerintah juga memberikan bantuan berupa 50 lembar tikar dan 60 lembar selimut untuk para pengungsi.

Baca Juga  Anggota DPR RI Sumbar Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Daerah Terdampak Banjir

Alat berat disiagakan di lokasi untuk menangani kerusakan dan mengantisipasi longsor susulan.

Berbagai pihak terlibat dalam penanganan bencana ini, termasuk BPBD, Dinas Sosial PMD, Tim Tagana Solok Selatan, Satlinmas, Babinsa, Babinkamtibmas, serta pemerintah kecamatan dan nagari bersama masyarakat.

Bencana alam yang terjadi pada Senin (13/5) malam, serta banjir susulan pada Selasa (14/5) malam, menyebabkan 70 kepala keluarga terdampak.

Sebanyak 233 jiwa harus mengungsi akibat musibah ini, dengan sekitar 150 orang mengungsi di tenda darurat yang disediakan oleh BPBD dan Dinas Sosial.

Para pengungsi ini terdiri dari berbagai usia, mulai dari bayi, balita, hingga lansia.

Akibat banjir bandang ini, Sekolah Dasar dan Mushallah di Jorong Sungai Kalu Dua pun disiagakan untuk menampung 150 orang pengungsi, sementara sisanya mengungsi ke tempat saudara terdekat.

Baca Juga  Kembangkan Aplikasi Simsalabim, TP-PKK Solsel Lakukan Sharing Informasi

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan bersama pihak terkait terus mengoptimalkan penanganan banjir bandang dan longsor di Jorong Sungai Kalu Dua.

Banjir bandang dan longsor terjadi karena intensitas hujan yang tinggi di hulu mudik Sungai Manau pada Senin (13/5).(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *