Solsel  

Pemkab Solsel Gelar Paket Sembako Murah

Solsel,fajarharapan.id— Pemerintah Daerah Kabupaten Solok Selatan telah menyiapkan ribuan paket sembako murah untuk masyarakat. Paket ini disebar kepada masyarakat dengan menggelar operasi pasar yaitu pasar murah dalam rangka perayaan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN).

Wakil Bupati Solok Selatan H. Yulian Efi menyebut bazar ini dilakukan rutin setiap tahunnya mengingat meningkatnya permintaan kebutuhan pokok yang cenderung harga-harga merangkak naik.

“Bulan Ramadhan menjelang Hari Raya Idul Fitri harga kebutuhan bahan pokok dari hasil pantauan yang dilakukan di pasar-pasar kecamatan, permintaan kebutuhan bahan pokok di masyarakat cendrung terus meningkat, sehingga berdampak pada kenaikan harga. Lonjakan harga yang tinggi tentu akan membebani dan mengurangi daya beli masyarakat, terutama dari kalangan keluarga kurang mampu,” kata Yulian dalam pembukaan OPerasi Pasar di RTH (ruang terbuka hijau) Solok Selatan, Padang Aro,Kamis (28/3/2024).

Baca Juga  BBI Pertanian Golden Arm Operasionalkan Pembibitan Sapi Unggul

Menanggapi kenaikan harga tersebut, pemerintah daerah melakukan operasi pasar/pasar murah dengan tujuan menyediakan bahan pangan pokok dengan harga subsidi dari pemerintah.

Paket sembako yang diberikan ini merupakan subsidi yang ditujukan kepada masyarakat kurang mampu sehingga dapat memenuhi kebutuhannya dengan harga yang terjangkau.

Dalam satu paket dari Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan berisi beras, minyak goreng, kacang, telur, gula, dan bawang merah. Satu paket ini berisi kurang lebih Rp 180 ribu dan dapat ditebus dengan harga Rp 100 ribu dan tersedia sebanyak seribu paket.

Sedangkan dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM tersedia sebanyak 4.376 paket. Dalam paket ini berisi minyak goreng, gula, tepung terigu, SKM, sirup.

Baca Juga  Pemerintah Dorong Ekonomi Kerakyatan Tumbuh di Solok Selatan

“Pada kesempatan yang baik ini, Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat hendaknya dapat manfaatkan operasi pasar/pasar murah ini dengan baik, dan berbelanjalah sesuai dengan kebutuhan, jangan berlebihan,” tegasnya.

Operasi pasar ini akan dilakukan di seluruh kantor camat se-Solok Selatan mulai hari ini hingga Senin (1/4/2024) nanti. (man)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *