Solsel  

Pemkab Targetkan Hasil Kajian Lingkungan Hidup Solsel Selesai Juli 2024

Solsel, fajarharapan.id – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan tengah merampungkan dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Solok Selatan Tahun 2025-2045.

Dokumen ini memuat analisis sistematis, menyeluruh, dan partisipatif yang menjadi dasar untuk mengintegrasikan tujuan pembangunan berkelanjutan ke dalam dokumen RPJPD.

Salah satu isu strategis dalam kajian ini mengakomodir isu lingkungan hidup, ekonomi, sosial, hukum dan tata kelola termasuk integrasi berbagai kebijakan strategis pembangunan kabupaten, provinsi dan nasional untuk mencapai target SDG’s alias tujuan pembangunan berkelanjutan yang ditetapkan PBB.

Wakil Bupati Solok Selatan, H. Yulian Efi, menegaskan kepada semua anggota tim penyusun yang telibat untuk serius dalam merumuskan dokumen KLHS tersebut.

Baca Juga  RPJPD Solsel Tahun 2025-2045 segera Rampung

“Saya perintahkan kepada kepala OPD untuk menekankan kepada pegawainya agar terus berkoordinasi satu sama lain dalam menyusun KLHS RPJPD yang merupakan panduan pembangunan berkelanjutan Solok Selatan nantinya,” kata Yulian Efi dalam Sosialisasi dan Pembuatan Dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) RPJPD Tahun 2025 – 2045 di Hotel Pesona Alam Sangir, Kamis (07/03/2024).

Narasumber yang merupakan pakar lingkungan hidup Universitas Andalas Padang, Dr. Ardinis Arbain mengatakan agar pengembangan ekonomi Solok Selatan ke depan harus berbasis pada komoditas lokal yang dapat diperbaharui dan banyak terdapat di daerah setempat.

Baca Juga  Pemkab Solsel Salurkan Seragam Gratis untuk Siswa TK hingga SMA

“Apa yang khas di Solok Selatan? Nah, itu yang harus diangkat menjadi sumber ekonomi,” ungkapnya. (man)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *