Solsel  

Padang Aro Sibuk, Ade Kurnia Zelli Targetkan Selesai Pelipatan Surat Suara dalam 10 Hari

KPU
Petugas penyortiran dan pelipatan surat suara di gudang KPU Solok Selatan

Solok Selatan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok Selatan (Solsel) telah melibatkan 115 tenaga kerja untuk menjalankan proses penyortiran dan pelipatan 661.470 lembar surat suara Pemilu 2024.

Ade Kurnia Zelli, Ketua KPU Solok Selatan, menyampaikan, “Kami menargetkan bahwa dalam waktu 10 hari, proses penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024 akan selesai dilaksanakan.” Proses ini berlangsung di Padang Aro pada hari Sabtu.

Masyarakat yang terlibat dalam pelipatan surat suara Pemilu dibagi menjadi kelompok-kelompok dengan masing-masing kelompok terdiri dari lima orang. Ade Kurnia Zelli menjelaskan bahwa pelipatan untuk lima jenis surat suara Pemilu dimulai pada Jumat (12/1/2024) dan dijadwalkan hingga Minggu (21/1/2024).

Baca Juga  Wakil Presiden Ma’ruf Amin Ajak Yunani Berinvestasi di Ibu Kota Nusantara

Pada hari pertama, fokus pelipatan adalah surat suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, yang berhasil diselesaikan dalam satu hari kerja. Saat ini, pelipatan untuk surat suara pemilihan DPR RI masih berlangsung.

Setelah selesai dengan DPR RI, proses pelipatan akan dilanjutkan untuk surat suara DPRD, DPRD Provinsi, dan terakhir DPRD Kabupaten. KPU Kabupaten Solok Selatan menerima empat jenis surat suara, termasuk untuk Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten, yang diterima pada Rabu (10/1/2024), sedangkan surat suara untuk DPD diterima pada Kamis (11/1/2024).

Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Solok Selatan untuk Pemilu 2024 mencapai 129.428 orang. Haikal, Komisioner Bawaslu Solok Selatan, menegaskan bahwa seluruh proses, mulai dari kedatangan hingga penyortiran dan pelipatan surat suara, diawasi dengan ketat di gudang KPU. “Kami mengawasi setiap tahapan Pemilu, termasuk saat kedatangan dan pelipatan surat suara,” ujarnya.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *