Solsel  

121 Kafilah MTQ Sumbar Ekspresikan Seni Khat Ayat Al-Quran

Solsel,fajarharapan.id – Salah satu cabang perlombaan dalam MTQ Nasional XL 2023 adalah cabang khattil qur’an. Ini adalah seni menulis dalam penggalan ayat suci Al-Qur’an dalam pembuktian kejayaan peradaban Islam dimasa lalu.

Daya imajinasi bernilai seni dan berestetika diukirkan para kafilah dalam cabang lomba Khattil Qur’an di venue lomba SMAN 3 Solok Selatan.

Seni khat penggalan ayat Al-Qur’an ini sudah menjadi bukti betapa megah dan jayanya peradaban Islam di dunia. Ukiran kaligrafi ini sampai sekarang masih bisa ditemui pada bangunan-bangunan kuno semasa kejayaan Islam. Masjid Hagia Sophia di Turki salah satunya.

Kamis ini merupakan hari kedua lomba cabang Khattil Qur’an ini dengan kategori Hiasan Mushaf dan Kategori Kontemporer.

Baca Juga  Wabup Yulian Efi : Jaga Anak Kemenakan Kita dari Paparan Pornografi

Koordinator lomba Khattil Qur’an, Rahmadan didampingi Dona menyampaikan bahwa lomba dihari kedua tersebut diikuti oleh 65 peserta dengan rincian 33 orang kategori Hiasan Mushaf dan 32 kategori Kontemporer.

“Seluruh peserta butuh konsentrasi tinggi dan ketenangan untuk mengikuti lomba. Peserta butuh ekspresi dan berimajinasi untuk lomba ini, sesuai dengan kategori masing-masing,” kata Ramadhan di Aula SMAN 3 Solok Selatan.

Total peserta lomba cabang Khattil Qur’an 121 orang dengan rincian kategori Naskah sebanyak 27 orang, kategori Dekorasi 29 orang, kategori Hiasan Mushaf 33 orang dan kategori Kontemporer 32 orang.

“Besok akan dilaksanakan dialog umum perkembangan kaligrafi bersama Dewan Hakim Nasional,” ujarnya.

Baca Juga  Pemkab Solsel Terima Penghargaan Akuntabilitas

Selanjutnya, Sabtu akan digelar final masing-masing kategori dengan 3 peserta.

“Seni ini dapat diaplikasikan pada banyak sektor seperti dekorasi masjid, penulisan buku pelajaran, mushaf Al-Qur’an, majalah, koran, dan sarana-sarana informasi tekstual dan visual lain,” pungkasnya.(man)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *