Solo  

Gelar Aksi Massa Mahasiswa di Solo, Sambil Bawa Jagung Ingin Ketemu Gibran

Solo,fajarharapan.id – Massa mahasiswa dari berbagai universitas melakukan aksi di depan Balai Kota Solo. Mereka memulai aksi sekira pukul 16.00 WIB.

Dari pantauan awak media, mereka memakai baju berwarna hitam. Di bagian dada terdapat tulisan ‘Republik Rasa Kerajaan’, ‘Bukan Anak Haram Konstitusi’. Mereka juga tampak membawa jagung sebagai simbolis demokrasi yang masih seumur jagung.

Mereka juga membawa tulisan ‘Evaluasi 9th rezim Jokowi’ maupun ‘Tahta untuk rakyat’.

Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unisri, Raafilla Anbiya mengatakan bahwa ada beberapa Universitas yang ikut dalam aksi tersebut.

“Dari berbagai Universitas, ada dari UI, Paramadina, UMY, UGM akan hadir, Unisri, Unsa, Poltekkes dan Aisyah”, katanya ditemui di sela aksi, Senin (18/12/2023) kemarin sore.

Dirinya mengatakan membawa jagung sebagai simbolis untuk menunjukan bahwa Demokrasi di Indonesia masih seumur jagung. “Ya jagung ini sebagai simbolis bahwa Demokrasi di Indonesia masih seumur jagung”, ujarnya.

Baca Juga  Menyesatkan! Contoh Surat Suara Pilpres Berisi 2 Paslon, PDIP Solo Protes

Raafilla berkata, kegiatan tersebut merupakan lanjutan dari kegiatan sebelumnya di Monumen 45, Jakarta dan kegiatan di titik nol Jogja. Menurutnya, aksi tersebut sebagai bentuk keresahan Solo yang akan diwadahi bersama.

“Hari ini sebetulnya salah satu keresahan Solo yang diwadahi bareng-bareng, dan Alhamdulillah dapat support gerakan bareng yaitu yang pertama gerakan mengenai demokrasi di Indonesia yang masih seumur jagung dan kemarin putusan MK rasanya kita sangat dikhianati dari proses hukum kita ingin mewujudkan partisipasi hukum bermakna,” ungkapnya.

“Hari ini ternyata putusan MK melanggar etika. Sedangkan ternyata pada akhirnya cawapres hari ini melanggar etika,” lanjutnya.

Aksi digelar di Balai Kota juga sebagai keinginan bertemu dengan Wali Kota Solo yang juga cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka. Mereka ingin mendengar gagasan dari Gibran secara langsung.

Baca Juga  Capres Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo Resmi Luncurkan Program 1 Keluarga Miskin 1 Sarjana di Sukoharjo

“Ya pengin bertamu Mas Gibran, kami harapkan Mas Gibran juga hadir hari ini. Karena beberapa kali di media tidak pernah hadir, di acara debat, kami harap Mas Gibran bisa merespons langsung, apa yang kita hadirkan di sini makanya temen-teman jauh-jauh dari luar kota pengin ke Solo, pengin ketemu mas Gibran apa yang dibawa, gagasan apa yang dibawa,” pungkasnya.

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sempat datang ke Balai Kota Solo pada pagi hari sekira pukul 10.00 WIB. Namun sekitar pukul 11.00 WIB atau satu jam berselang, Gibran meninggalkan kantor hingga jam kerja selesai.(putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *