Butuh Bahan dan Alat Sederhana,Cara Mudah Membuat Tempe bagi Pemula

Rembang,fajarharapan.id – Tempe terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi dengan ragi, lalu dibungkus oleh daun jati daun pisang atau dibungkus plastik bening.Tempe menjadi salah satu makanan pokok yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.  

Jika kita penasaran bagaimana pembuatan tempe, kita bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan dan alat yang dibutuhkan pun mudah didapatkan, yaitu kacang kedelai, ragi, kain kering, kipas, dan nampan bambu. 

“Selain kacang kedelai, tempe juga dapat dibuat menggunakan kacang lain, seperti kacang hijau, kacang hitam, dan kacang merah,” ujar Anik salah satu warga Desa Ketanggi, Rembang, saat ditemui wartawan fajarharapan.id, Rabu (17/1/2024) malam

Anik pun mendemonstrasikan langkah demi langkah membuat tempe sederhana yang dapat kita lakukan sendiri di rumah. 

“Pertama, kacang kedelai direndam dulu selama semalam. Setelah itu, kupas kulit kacang dan buang bagian kulit ari agar kacang tidak mudah menempel satu sama lain,” tutur Anik. Setelah direndam semalaman, kacang kedelai direbus dalam air bersih selama 45 menit. 

Baca Juga  Manfaat Perangkat Desa di Rembang Ikuti Program Jaminan Hari Tua

2. Keringkan kacang kedelai. “Angkat dan tiriskan kacang kedelai. Setelah itu, lapisi nampan bambu dengan kain bersih. Letakkan kacang di atas kain bersih. Keringkan kacang dengan bantuan kain tersebut dan kipas,” kata Anik. 

Kacang kedelai harus benar-benar kering. Jika kacang kedelai masih basah, maka tempe bisa cepat busuk dan bertekstur lembek. 

3. Tambahkan sedikit ragi. Setelah kacang kedelai kering, tambahkan sedikit ragi dan ratakan menggunakan tangan.”Takaran raginya sedikit saja, pakai bagian ujung sendok untuk mengambil raginya. Lalu, ratakan ragi menggunakan tangan,” lanjut Anik. 

4. Bungkus dengan daun jati atau daun pisang. Setelah kacang kedelai tercampur rata dengan ragi, letakkan kacang kedelai secukupnya ke atas pembungkus.

Kamu bisa menggunakan daun jati, daun pisang atau plastik bening sebagai pembungkusnya.“Kalau pakai daun jati, pakai lapisan daun yang tidak berbulu,” tutur Anik. 

Baca Juga  Mencicip Kelezatan Urap Latoh, Kuliner Unik Khas Rembang dengan Anggur Laut

Bungkus kacang kedelai dengan rapi dan ikat menggunakan tali atau bisa rekatkan dengan lidi kecil.

5. “Simpan tempe di suhu ruangan yang hangat, sekitar 27-32 derajat celsius. Diamkan tempe selama dua hari hingga kacang kedelai berselimut serabut putih hasil dari fermentasi,” ujar Anik. 

Setelah tempe jadi, kita dapat menyimpannya di dalam lemari pendingin dan bisa tahan hingga tiga hari.(putra/romadi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *