Pulpis  

Dinas Kesehatan Pulpis Imbau Masyarakat Waspadai Penyakit Rabies

Dinas Kesehatan Pulpis Himbau Masyarakat Agar Waspada Tentang Penyakit Rabies Pulang Pisau, fajarharapan.id - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau dr Pande Putu Gina
Dinas Kesehatan Pulpis Himbau Masyarakat Agar Waspada Tentang Penyakit Rabies Pulang Pisau, fajarharapan.id - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau dr Pande Putu Gina

Pulang Pisau, fajarharapan.id – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau dr Pande Putu Gina menjelaskan, Mengenal tentang rabies atau biasa disebut penyakit anjing gila merupakan penyakit menular yang sangat ganas. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang dapat menyerang susunan saraf pusat hewan berdarah panas hingga manusia. Secara umum penyakit ini ditularkan melalui gigitan binatang penderita rabies umumnya anjing. Apabila tidak cepat ditangani, penderita rabies dapat berakhir dengan kematian.

Penyakit rabies masih menjadi salah satu masalah yang mengancam kesehatan dan keselamatan masyarakat. Namun demikian, penyakit ini dapat dicegah dengan pemberian vaksinasi pada hewan peliharaan, jelas Pande waktu ditemui diruang kerja nya, Kamis (13/07/2023).

Untuk diketahui bersama, penyebab rabies adalah anjing, namun selain anjing hewan yang juga dapat membawa virus rabies dan menularkannya ke manusia adalah kelelawar, kucing dan kera.

Baca Juga  Pangdam XII/Tpr Pimpin Langsung Upacara HUT TNI ke-78 di Makorem 102/Pjg

“Ketika seseorang sudah tergigit rabies, itu harus ditangani secara cepat dan tepat. Penanganan awal yang baik akan sangat membantu dalam pencegahan rabies . Penanganan berupa segera mencuci luka gigitan pada air mengalir selama 15 menit dan memakai sabun . Dan setelahnya dapat diberikan Betadine dan secepatnya di bawa ke puskesmas untuk mendapatkan VAR( vaksin Anti rabies ),” pungkasnya. (FJR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *