Nomor Urut Pilpres 2023, Anies – Amin (1) Prabowo-Gibran (2) dan Ganjar-Mahfud (3)

Anies-Amin memperagakan nomor urut Pilpres.
Anies-Amin memperagakan nomor urut Pilpres.

Jakarta, fajarharapan.id – Hasil pengundian nomor urut peserta Pilpres 2024 yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) meraih nomor urut 1.

Sedangkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mendapatkan nomor urut 2, sementara Ganjar Pranowo-Mahfud MD kebagian nomor urut 3.

Proses pengundian nomor urut ini berlangsung di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, pada Selasa (14/11/2023), dalam sebuah rapat pleno terbuka yang dipimpin oleh Ketua KPU Hasyim Asy’ari.

Acara dimulai dengan gala dinner antara KPU, pasangan calon, dan partai politik pengusung, dilanjutkan dengan pembukaan dan pembacaan tata tertib sebelum pengundian nomor urut.

Hadir dalam acara tersebut pasangan calon presiden dan wakil presiden, pimpinan serta jajaran partai politik pendukung, Bawaslu, DKPP, dan pihak terkait lainnya.

Baca Juga  Deklarasi Tani Merdeka Wonosobo, Don Muzakir: Prabowo Presiden Petani Sejahtera

Sebelum pengambilan nomor urut, acara diawali dengan gala dinner atau makan malam antara KPU, pasangan calon, dan partai politik pengusung.

Mekanisme pengundian nomor urut peserta Pilpres 2024 terdiri dari dua tahap. Tahap pertama adalah pengambilan antrean undian nomor urut berdasarkan urutan pendaftaran pasangan calon.

Setelah antrean nomor urut dibuka, dilanjutkan dengan tahap kedua, yaitu pengambilan undian nomor urut. Yang mendapat antrean pertama pasangan capres-cawapres diberi kesempatan untuk mengambil undian lebih awal.

Pasangan Anies-Cak Imin diberikan nomor urut 1, pasangan Prabowo-Gibran nomor urut 2, dan pasangan Ganjar-Mahfud Md nomor urut 3. Nomor urut Pilpres 2024 tersebut kemudian resmi ditetapkan oleh KPU.

Baca Juga  Kampanye Hari ke-38, Ganjar Safari Politik di Jawa Tengah

Selanjutnya, pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden membuka undian nomor urut secara bersamaan, diikuti dengan memberikan sambutan oleh masing-masing pasangan calon dan cawapres. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *