Pessel  

Mahasiswa FISIP Unand Memperdalam Governansi Digital di Kabupaten Pessel

Painan – Sebanyak 46 mahasiswa dari Departemen Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP) Universitas Andalas (Unand) mengikuti mata kuliah governansi digital dengan kunjungan lapangan ke Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat (Sumbar).

Dosen dari Departemen Administrasi Publik Unand, Roni Ekha Putera, menjelaskan bahwa kunjungan tersebut bertujuan untuk memberikan mahasiswa pemahaman yang lebih mendalam dan lengkap tentang penerapan governansi digital. Roni Ekha Putera mengungkapkan, “Di kampus, para mahasiswa sudah diajarkan teori-teori terkait governansi digital. Sekarang, kami ingin meningkatkan pemahaman mereka dengan melihat langsung bagaimana teori tersebut diterapkan dalam praktik. Setelah melakukan evaluasi, kami melihat bahwa Pemerintah Kabupaten Pessel termasuk yang berhasil dalam menerapkan konsep governansi digital, itulah mengapa kami memilihnya sebagai lokasi kuliah lapangan.”

Selama sesi diskusi, delapan mahasiswa mengajukan pertanyaan terkait isu governansi digital. Mereka menanyakan tentang Sumber Daya Manusia (SDM) yang terlibat dalam pengelolaan governansi digital, teknik mengatasi tantangan topografi, serta bagaimana respon dan kesiapan masyarakat dalam menggunakan berbagai aplikasi terkait.

Baca Juga  Ternyata Masih Ada Ribuan Warga Miskin Ekstrim di Pessel

Selain itu, mahasiswa juga bertanya tentang perlindungan keamanan data dalam konteks governansi digital dan bagaimana regulasi daerah (Perda) yang terkait dengan governansi digital diimplementasikan.

Kepala Diskominfo Kabupaten Pessel, Junaidi, menyatakan bahwa pelaksanaan e-government di Kabupaten Pessel telah mendapatkan pengakuan nasional, termasuk dalam kategori yang terbaik. Junaidi juga mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa dari Unand yang telah memilih Kabupaten Pessel sebagai tujuan studi mereka. Dia berjanji untuk menyediakan referensi dan informasi yang dibutuhkan oleh mahasiswa terkait penerapan pemerintahan berbasis elektronik di daerah tersebut.

Baca Juga  Gubernur Mahyeldi Sisiri Dampak Bencana di Pessel, Penyaluran Bantuan Terus Dilakukan dan Dapur Umum akan Didirikan

Salah satu mahasiswa, Tirza Haqia Purnama, menyatakan bahwa kunjungan lapangan tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan mereka tentang perkembangan teori pelayanan publik, terutama dalam konteks pemerintahan.

Ahmad Syauqi Rizal, mahasiswa lainnya, menambahkan bahwa kunjungan tersebut memberikan pemberdayaan pengetahuan melalui berbagai sudut pandang yang disampaikan oleh narasumber.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *