Peringkat 3 Nasional, Pemko Payakumbuh Raih 2 Penghargaan Sekaligus dari BNNP Sumbar

Payakumbuh, fajarharapan.id – Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh tidak pernah berhenti mendulang prestasi dan apresiasi dari berbagai unsur dan instansi. Belum juga selesai bulan Januari di tahun 2024, Pemko Payakumbuh langsung menerima dua penghargaan sekaligus dari BNNP Sumbar (Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatra Barat), bertempat di Aula Ngalau Kantor Walikota Payakumbuh, Selasa (16/1/2024).

Kedua penghargaan yang diterima Pemko Payakumbuh ini yakni, atas keberhasilan Pelaksanaan Program Kota Tanggap Ancaman Narkoba (KOTAN) Tahun 2023 dengan predikat “Sangat Tanggap” dengan indeks 3,44 (tertinggi di Sumatra Barat), dan atas partisipasi dan dukungan dalam Program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Kepala BNNK (Badan Narkotika Nasional Kota) Payakumbuh M. Febrian Jufril diawal sambutan acara berlangsung menyampaikan jika BNNK Payakumbuh selama tahun 2023 telah berhasil menyelesaikan hasil kinerja sebanyak 13 item yang diantaranya, memperoleh hasil indeks ketahanan keluarga (DEKTARA), memperoleh hasil indeks ketahanan diri remaja (DEKTARI) dan memperoleh hasil indeks kemandirian partisipasi (IKP).

Selain hasil yang telah dicapai tersebut, BNNK Payakumbuh bersama Kesbang-Pol Kota Payakumbuh telah membentuk tim terpadu P4GN yang nantinya untuk memperkuat koordinasi pelaksanaan program P4GN serta merumuskan rencana aksi daerah.

Diakhir penyampaiannya, kepala BNNK Payakumbuh, Febrian berharap dengan kerjasama bersama Kesbang-Pol itu akan mampu membuat program P4GN berjalan tepat sasaran, sehingga mampu memitigasi dan mengatasi permasalahan narkotika di kota Payakumbuh.

Menerima dua penghargaan sekaligus dari BNN Provinsi Sumbar, Pj. Wali Kota Payakumbuh Jasman menyebut hal ini sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras dan kerja bersama seluruh jajaran perangkat daerah serta stakeholder dalam memperkuat Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Baca Juga  50 UMKM di Kota Payakumbuh Dilatih Strategi Branding

“Kita jangan sampai lengah dalam menghadapi ancaman narkoba sebab ancaman itu tidak menutup kemungkinan ada di sekitar kita,” ujarnya.

Diungkapkan Jasman, berbagai upaya yang dilakukan Pemko Payakumbuh dalam pencegahan bahaya narkoba, mulai dari sosialisasi dan penyuluhan hingga komitmen bersama dalam mewujudkan wilayah bersih dari narkoba. Program kelurahan Bersih dari Narkoba (Bersinar) merupakan salah satu upaya yang dilakukan dalam P4GN. Kelurahan Bersinar tidak hanya semata menyampaikan sosialisasi saja, akan tetapi pemberdayaan masyarakat juga dilakukan dengan mempertimbangkan potensi sosial ekonomi di wilayah tersebut. 

“Kita hadir untuk memberdayakan masyarakat sekitar dengan diberikan pelatihan agar masyarakat tidak tergiur dan terjerumus ke dalam penyalahgunaan atau pengedar narkoba,” tuturnya.

Untuk diketahui, Pemko Payakumbuh meraih penghargaan peringkat pertama di Sumbar juga sekaligus meraih peringkat ketiga di tingkat nasional dalam keberhasilan pelaksanaan program KOTAN tahun 2023.

Orang nomor satu di lingkup Pemko Payakumbuh itu berharap kepada semua ketua RT, RW, tokoh masyarakat dan warga di lingkungan masing-masing agar ikut peduli dan tanggap apabila menemukan warganya yang dicurigai terpapar narkoba. Terutama bagi para orang tua, Jasman mengingatkan agar jika terdapat anak-anak atau remaja yang berperilaku mencurigakan, jarang di rumah, para orang tua sudah sepatutnya mewaspadai jika menemukan hal demikian. 
 
“Deteksi sedini mungkin apabila orang-orang di sekitar kita ada yang mungkin terpapar penyalahgunaan narkoba sehingga bisa segera ditangani,” tukasnya.

Diakhir sambutannya, Pj. Wali Kota Payakumbuh utarakan rasa terimakasih yang tak terhingga kepada pihak Polres Payakumbuh atas peran serta dalam membina, mencegah, dan menindak langsung penyalahgunaan narkotika di kota Payakumbuh.

Baca Juga  Tekan Infalasi, Pj Wako Jasman Canangkan Gerakan Menanam

“Tanpa peran serta dari pihak kepolisian ini tidak akan bisa kita (Pemko Payakumbuh) meraih penghargaan ini, indeks tertinggi di Sumbar dan tertinggi ketiga di nasional,” tutup Jasman semangat.

Sementara itu, kepala BNNP Sumbar Tri Julianto Djatiutomo yang hadir langsung untuk menyerahkan penghargaan untuk Pemko Payakumbuh ini ucapkan selamat dan sampaikan apresiasinya atas jadi lung telah dicapai Pemko Payakumbuh dalam menanggulangi penyalahgunaan narkotika.

“Semoga ditahun 2024 Pemko Payakumbuh bisa meraih capaian terbaik lagi sehingga bisa mendapat raihan terbaik dan tertinggi di tingkat nasional,” ucap kepala BNNP Sumbar tersebut.

Lebih lanjut, banyak hal yang disampaikan kepala BNNP Sumbar itu, termasuk juga Tri mengatakan bahwa dirinya baru pertama kalo datang ke kota Payakumbuh, dan saya sangat merasakan suasana yang adem, sejuk dan nyaman di kota Payakumbuh ini,” ungkap orang nomor satu di BNNP Sumbar tersebut.

Sebelum acara selesai, Pj. Wali Kota Payakumbuh secara simbolis terima langsung kedua penghargaan dari BNNP Sumbar yang turut didampingi semua unsur Fokpimda serta dihadiri seluruh kepala OPD, Camat, Lurah serta tokoh masyarakat kota Payakumbuh. (Zik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *