Pasbar  

Festifal Tahfizh Ramadhan Tingkat Sumbar di Pasbar Sukses

.


Pasbar, fajarharapan.id – SMP IT Darul Hikmah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) sukses menggelar Festival Tahfizh Ramadhan 1444 H tingkat Sumatera Barat (Sumbar) yang diikuti oleh sejumlah peserta dari kabupaten/kota di Sumbar. Sabtu (8/4), Wakil Bupati Pasbar Risnawanto secara resmi menutup festival tersebut yang berlangsung di Masjid Hashoh Umar Al-Atiq, Darul Hikmah, Kecamatan Luhak Nan Duo.

Hadir menutup kegiatan semarak Al-Qur’an di bulan Ramadhan tersebut Ketua DPRD Pasbar Erianto, Kepala Dinas Pendidikan Agusli dan pengurus Yayasan Darul Hikmah serta stakeholder terkait lainnya.

Wakil Bupati Risnawanto sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Yayasan Darul Hikmah tersebut, karena telah mendukung program pemerintah daerah Kabupaten Pasaman Barat di bidang keagamaan. 

“Saat ini bukan saja Yayasan Darul Hikmah yang berbahagia karena sukses menggelar festival Tahfizh Ramadhan ini. Namun Pemerintah Daerah Pasbar juga turut bahagia, karena telah menghadirkan peserta lomba dari berbagai kabupaten dan kota di Sumbar. Program unggulan Pemda sangat disambut baik oleh Darul Hikmah, sehingga kami dari Pemda Pasbar merasa bangga karena apa yang kami rencanakan sangat diindahkan oleh Darul Hikmah,” ungkap Risnawanto.

Baca Juga  Wabup Tutup Volley Ball Jambak Bersatu Cup II, Klup Ini yang Juara

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta, baik dari Pasaman Barat maupun dari daerah lain di, karena telah berpartisipasi di festival Ramadhan tersebut.

Sementara itu, Ketua DPRD Pasbar Erianto juga mendukung program tersebut dan juga mendukung sukses guru di bidang keagamaan dengan mengucurkan dana untuk PPG guru. 

“Hal itu sebagai bentuk dukungan terhadap visi dan misi Kabupaten Pasaman Barat di bidang keagamaan. Begitu juga dengan dukungan untuk rumah tahfizh di seluruh kecamatan di Kabupaten Pasaman Barat.

Apalagi Hafizh Al-Qur’an ini diberi ruang oleh perguruan tinggi untuk diterima tanpa tes lagi. Sudah banyak perguruan tinggi melakukannya, sebagai bentuk dukungan kepada penghafal Al-Qur’an,” katanya.

Disamping itu Ketua Yayasan Darul Hikmah Ustadz Muhajir menjelaskan, kegiatan Festival Tahfizh Ramadhan digelar setiap tahun oleh Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Hikmah Pasaman Barat. Ia juga menjelaskan bahwa Yayasan Darul Hikmah Pasaman Barat memiliki tiga unit yakni SD IT Darul Hikmah di Kecamatan Lembah Melintang, SMP IT Darul Hikmah di Kecamatan Luhak Nan Duo dan SMA IT Darul Hikmah di Kecamatan Pasaman. Selain itu, masing-masing unit memiliki banyak program serta keunggulannya.

Baca Juga  TP PKK Pasbar Kunker ke Daerah Ketahanan Pangan

“Darul Hikmah baru saja seminggu kemaren mengadakan kegiatan Mastering Tahfizh Camp 3 di Hotel Nuansa Maninjau. Pemateri langsung dari Malaysia Syaikh DR. Abdelrahman Monis Allaithy Ph.D. Hafizhahullah. Kemudian kita juga telah melakukan MoU atau kerjasama, launching sekaligus sosialisasi masuk kedinasan Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN) yang berada di Bukittinggi dengan SMA IT Darul Hikmah. Kita akan targetkan beberapa persen santri yang tamat SMA IT Darul Hikmah untuk masuk IPDN,” ujarnya.(By Roni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *