Pasbar  

Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat Gencar Galakkan Gerakan Makan Sehat dan Bergizi

Makan
Ketua TP-PKK Pasaman Barat Titi Hamsuardi saat melakukan pembinaan gerakan makan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA)

Simpangempat – Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatra Barat, melalui Dinas Ketahanan Pangan, telah meluncurkan program pembinaan Gerakan Makan Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) untuk masyarakat di Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo. Tujuan dari inisiatif ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengonsumsi pangan yang sehat, beragam, bergizi, seimbang, dan aman sesuai anjuran Badan Pangan Nasional Republik Indonesia (RI).

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Pasaman Barat, Titi Hamsuardi, menjelaskan bahwa program B2SA ini juga mendorong masyarakat untuk mengolah bahan makanan lokal menjadi hidangan sehat dan bergizi yang dapat dinikmati oleh keluarga. Selain itu, jenis makanan yang mengandung protein sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan anak.

Titi Hamsuardi menekankan pentingnya memanfaatkan sumber daya pangan lokal di sekitar kita untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perekonomian melalui pemanfaatan lahan pekarangan rumah. Ia juga mengajak masyarakat untuk menanam bahan makanan, bumbu dapur, tanaman obat-obatan, sayuran, dan sebagainya guna memenuhi kebutuhan ringan bagi anak-anak dan keluarga.

Baca Juga  Unit Reskrim Polsek Pasaman Ringkus Tiga Pencuri Sawit

Selain itu, ia menyoroti pentingnya asupan protein dalam pola makan seimbang, baik dari sumber hewani seperti daging, ikan, telur, maupun sumber nabati seperti kacang-kacangan dan lainnya. Semua ini akan berkontribusi pada pertumbuhan dan perkembangan yang sehat, terutama bagi anak-anak.

Diharapkan, melalui program B2SA ini, masyarakat dapat belajar dan menyadari pentingnya makanan yang bergizi dan seimbang dalam mendukung perkembangan anak-anak dan kesejahteraan keluarga. Program ini juga bertujuan untuk mencapai Generasi Emas 2045.

Baca Juga  Kasus Stunting Pasbar di Atas Rata-rata Nasional

Ketua TP-PKK Nagari Koto Baru, Sri Yanti, mengucapkan terima kasih kepada Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pasaman Barat yang telah memilih Kecamatan Luhak Nan Duo, khususnya Dusun Durian Tiga Batang Nagari Koto Baru, sebagai lokasi pelaksanaan program Pengembangan Desa B2SA.

Program pembinaan B2SA ini menyasar 1 ibu hamil, 10 ibu menyusui, dan 29 balita sebagai sasaran kegiatan. Tujuan akhir dari program ini adalah menerapkan pola konsumsi pangan dengan prinsip B2SA sehingga dapat membantu menurunkan angka stunting di Pasaman Barat. Kegiatan pemberian makanan B2SA ini akan dilaksanakan sebanyak 36 kali, dimulai pada tanggal 23 Oktober 2023 dan akan berlangsung hingga bulan Desember mendatang. (des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *