Baznas Pasaman Imbau Tingkatkan Semangat Berbagi

Asnil, Ketua Baznas Pasaman

Pasaman, fajarharapan.id – Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas)  Kabupaten Pasaman H. Asnil M SE MM meminta masyarakat di daerah itu untuk meningkatkan semangat berbagi.

“Terutama para pengusaha, kontraktor, dan kalangan masyarakat mampu lainnya, mari sisihkan sedikit dari penghasilan untuk menolong kelompok masyarakat yang kurang beruntung,” kata Asnil kepada fajarharapan.id di Lubuk Sikaping, ibukota Kabupaten Pasaman, Jumat (14/4/2023).

Dikatakan Asnil, dalam harta dan kekayaan orang-orang yang mampu secara ekonomi, sejatinya ada hak kelompok masyarakat yang kurang beruntung, sebagaimana yang dituntun oleh ajaran Islam.

Asnil meminta para calon muzaqi untuk menyalurkan zakatnya melalui Baznas.  “Sebab sejauh ini hanya Baznas sebagai lembaga amil zakat satu-satunya yang pendirian dan pengoperasiannya dilindungi oleh undang-undang,” kata Asnil.

Baca Juga  Pisah Sambut Kajari Pasaman, Bupati Benny Utama Ucapkan Terimakasih kepada Fitri Zulfahmi

Dikisahkan Asnil, belum lama ini pihaknya menerima bantuan muzaqi dari kalangan perantau Pasaman di sejumlah daerah di Indonesia untuk disalurkan ke pihak-pihak yang berhak menerimanya di daerah ini.

Menurut Asnil, sesuai dengan komitmen lembaga yang dipimpinnya, bantuan dari perantau  Pasaman –ditambah bantuan lainnya– akan dikelola dengan baik, untuk kemudian disalurkan ke pihak-pihak yang berhak menerimanya.

“Insya Allah sesen pun tidak akan disalahgunakan,” tandas Asnil. Sebab, menurut Asnil, Baznas secara kelembagaan sudah ditunjang biaya operasional yang cukup, dan para personil yang terlibat di dalamnya juga digaji secara layak.

Baca Juga  Sertijab Camat di Dua Kecamatan di Pasaman, Wakil Bupati Sabar AS Sampaikan Pesan Ini

“Obsesi kami, semakin banyak hendaknya masyarakat Pasaman yang mempercayakan penyaluran dan pengelolaan zakatnya ke Baznas,” ungkap mantan pejabat di lingkup Pemkab Pasaman itu.

Sebab, menurut Asnil, semakin banyak dana atau bantuan dari para muzaqi yang masuk ke Baznas Pasaman, maka akan semakin banyak pula anggota masyarakat kurang mampu secara ekonomi yang bisa ditolong.

Asnil sendiri mengakui tingkat kepercayaan publik ke lembaga yang dipimpinnya terus meningkat, dibuktikan semakin banyaknya muzaqi di daerah itu yang mempercayakan pengelolaan dan penyaluran zakatnya ke Baznas Pasaman. (spa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *